Selasa 22 Maret 2022, 14:24 WIB

Salah Isi BBM? Ini Dampaknya

RO | Otomotif
Salah Isi BBM? Ini Dampaknya

Auto2000
.

 

Saat ini, tiap dispenser pada pom bensin dapat melayani sekaligus pengisian bahan bakar (BBM) untuk mesin bensin dan diesel. Meskipun berbeda nozzle dan sudah dilengkapi tanda yang jelas, kemungkinan salah pengisian masih dapat terjadi. Bisa karena terburu-buru atau tidak memperhatikan secara seksama.

Kerusakan Total

Mesin bensin yang terisi BBM diesel akan sulit dihidupkan mengingat solar membutuhkan kompresi tinggi untuk memicu ledakan di ruang bakar.  Oleh karena itru mesin bensin yang kemasukan solar sulit dihidupkan. Kalaupun bisa, umumnya karena masih adanya bensin yang tersisa di saluran sistem bahan bakar. Begitu solar masuk, nyala mesin akan tersendat-sendat dan mati.

Untuk kasus seerti itu Diler Toyota Auto2000 menyarankan, selagi mesin belum malfungsi, segera menepi dan matikan mesin. Jangan dipaksakan terus berjalan karena berisiko membuat komponen mesin rusak kalau tetiba mati, bahkan jebol kalau melaju di kecepatan tinggi. 

Sementara di sisi lain, mesin diesel membutuhkan BBM yang dapat terbakar sendiri karena hanya mengandalkan kompresi mesin yang tinggi. Sementara bahan bakar untuk mesin bensin membutuhkan busi untuk membakarnya. Akibatnya, mesin diesel akan sulit dinyalakan karena perbedaan karakter bahan bakar dan kebutuhan mesin.

Menurut Auto2000, apabila dipaksakan, mesin diesel masih dapat dinyalakan lantaran kompresi mesin dan suhu yang tinggi di dalam ruang bakar sanggup membakar bensin. Masalah timbul karena pembakaran tidak dapat diatur sesuai kebutuhan mesin sehingga mengakibatkannya kehilangan tenaga, knocking alias ngelitik, serta membuat komponen mesin rusak bahkan jebol dan berujung harus overhoul mesin secara total. 

Terlebih lagi, mesin diesel membutuhkan BBM yang juga berfungsi sebagai pelumas komponen seperti pompa bahan bakar, dan senyawa kimia itu hanya ada di solar. Mengingat bensin tidak memiliki unsur pelumas, alhasil dapat membuat spare parts yang membutuhkan lubrikasi dapat mengalami kausan parah ketika bekerja dalam suhu dan tekanan yang tinggi. 

Penanganan Mobil Salah Isi Bahan Bakar 

Auto2000 menyarankan, apabila pengguna kendaraan menyadari adanya kesalahan pengisian BBM dan mobil belum dinyalakan, segera pindahkan mobil dari lokasi pengisian dengan cara didorong. Jangan pernah menyalakan mesin mobil karena risikonya besar. Segera hubungi bengkel resmi terdekat

Jika mesin mobil sudah terlanjur dinyalakan, pengguna kendaraan akan merasakan perbedaan performa mesin dari sebelumnya. Biasanya disertai mesin knocking atau ngelitik, beroperasi namun tersendat-sendat, kehilangan tenaga, atau indikator suhu mesin bergerak naik di atas normal.  Bila hal ini terjadi segera matikan dan menepi ke tempat yang aman.

Jika sudah terlanjur melaju, jangan biarkan mobil berlari dalam kecepatan tinggi karena akan mengakibatkan komponen mesin mengalami kerusakan berat.. Kurangi kecepatan, melajulah dengan putaran mesin serendah mungkin, dan segera cari lokasi aman untuk berhenti. 

Meskipun mesin masih sanggup berputar, namun komponen di dalamnya berpotensi rusak. Jangan ambil risiko. Segera hubungi layanan Emergency Road Assistant (ERA) untuk diderek ke bengkel resmi terdekat.

"AutoFamily, cobalah fokus  ketika mengisi bahan bakar di SPBU, terutama untuk model yang berbagi mesin bensin dan diesel seperti Kijang Innova dan Fortuner. Pastikan tidak salah isi BBM untuk mencegah masalah pada komponen mesin. AutoFamily dapat menyebut jenis bahan bakar yang mau diisi dan mengawasi langsung proses pengisian untuk mencegah kesalahan. Jangan pernah menyalakan mesin andai salah isi bahan bakar, segera hubungi layanan ERA supaya dapat segera ditangani oleh bengkel Auto2000," terang Customer Satisfaction Development & Marketing Communication Auto2000 Cahaya Fitri Tantriani, Kamis (18/3). (S-4)

Baca Juga

AFP/Brandon Bell.

Toyota Tangguhkan Sementara Produksi di 24 Pabrik di Jepang

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 12:34 WIB
 Lantaran kekurangan suku cadang, utamanya...
Altair.com

Ketahui Penyebab Remote Mobil tidak Berfungsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 09:27 WIB
Penggunaan remote pada kendaraan, saat ini sudah menjadi hal yang...
MI/NURTJAHYADI

GIIAS 2022 The Series Pastikan Digelar Agustus

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:04 WIB
Rangkaian GIIAS The Series akan dimulai pada 11 – 21 Agustus 2022 di ICE BSD-City Tangerang. Kemudian dilanjutkan dengan GIIAS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya