Kamis 25 April 2019, 09:15 WIB

Kecanggihan Dua Varian Terbaru MPV Andalan Wuling

Vicky Gustiawan | Otomotif
Kecanggihan Dua Varian Terbaru MPV Andalan Wuling

MI/VICKY GUSTIAWAN
Jurnalis mengendarai Wuling Cortez CT dalam acara Media Drive Experience di Sirkuit Sentul, Bogor

 

PRODUSEN otomotif asal Tiongkok, Wuling Motors, mengundang sejumlah jurnalis, termasuk Media Indonesia, untuk menjajal Cortez CT dan Confero S ACT di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Senin (22/4). Hal itu merupakan pengalaman pertama awak media dalam mengendarai varian terbaru di segmen multipurpose vehicle (MPV) tersebut.

Dalam acara bertajuk Media Drive Experience, pabrikan mobil berlogo lima berlian itu menyediakan tiga unit Cortez CT dan 3 unit Confero S ACT untuk diuji. Mobil pertama yang kami coba dalam simulasi jalan perkotaan serta kegiatan parking and spacious challenge di area paddock, yaitu Confero S ACT.

Secara tampilan, mobil itu tidak banyak berubah dari varian sebelumnya. Perubahan besar justru terasa dari teknologi di sistem transmisinya yang menggunakan otomatisasi clutch atau kopling otomatis yang dikembangkan perusahaan industri komponen otomotif dan kelistrikan asal Jerman, Schaeffler.

Baca Juga: Honda Brio Music Project Pilih Surabaya Destinasi Terakhir

Uniknya, sistem itu menghilangkan pedal kopling. Bagi yang terbiasa menggunakan pedal kopling pada sistem transmisi manual, pasti terasa canggung menggunakan mobil tersebut. Akan tetapi, absennya pedal kopling memudahkan pengemudi memindah gigi hanya melalui tuas transmisi.

Sensor yang terletak pada tuas transmisi juga dapat membaca keinginan pengemudi untuk pindah gigi. Dengan demikian, controller dapat mengendalikan aktuator sistem hidrolik sesuai dengan kondisi berkendara.

Pengereman cakram

Mobil kedua yang kami kemudikan, yaitu Cortez CT. Selama berkendara di area sirkuit, kami diajak untuk merasakan sensasi Cortez CT dalam melakukan akselerasi, deselerasi, serta berbagai fitur lain, seperti ESC, AVH, EPB, HHC, dan rear camera plus parking sensor.

Saat mengetes performanya, MPV berkapasitas tujuh penumpang itu terasa lebih bertenaga. Mesin berkapasitas 1.500 cc Turbocharger dari Honeywell berpadu dengan continuously variable transmission (CVT) dari Bosch, mobil ini menghasilkan tenaga 140 hp pada putaran 5.200 rpm dengan torsi maksimal 250 nm pada rentang 1.600-3.600 rpm. Ujungnya, delapan percepatan menyulap pula mobil itu menjadi lebih efisien.

Kami juga merasakan langsung fungsi fitur keselamatan dengan pengereman cakram di keempat roda berukuran 16 inci, ABS, EBD, dan BA. Saat menginjak rem secara mendadak di kecepatan tinggi, sistem antilock breaking membantu pengendalian mobil dan roda pun tidak selip.

Fitur lain yang menarik, yaitu automatic vehicle holding (AVH). Pada saat berhenti di jalan menanjak, fitur itu otomatis mengunci mobil di posisi tersebut hingga kaki diangkat dari pedal rem.

Untuk menonaktifkannya, cukup kembali menginjak pedal gas. Tak ayal fitur itu sangat bermanfaat saat menghadapi kemacetan, baik di jalan menanjak maupun menurun.

Terkait dengan harga kedua produk anyarnya itu, pihak Wuling akan mengumumkannya saat merilis secara resmi di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. "Dengan kehadiran dua varian ini, kami optimistis memperoleh sambutan dan respons yang hangat dari konsumen di Tanah Air. Mohon dapat dinantikan peluncurannya dalam ajang IIMS 2019," ujar Brand and Marketing Director Wuling Motors, Yin Yi, di sela-sela acara Media Drive Experience. (S-4)

Baca Juga

MMKSI

Indonesia Penyumbang Terbesar Penjualan Mitsubishi Global

👤RO 🕔Jumat 30 Juli 2021, 19:03 WIB
Mitsubishi Motors yang dijual di Indonesia juga memberikan kontribusi positif untuk penjualan global berdasarkan...
Suzuki

Teknik Eco Driving ala Suzuki

👤RO 🕔Jumat 30 Juli 2021, 18:45 WIB
Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi teknik Eco Driving., yaitu pengemudi, kondisi mobil, serta...
HMMID

Hyundai Bangun Pabrik Oksigen Medis di Indonesia

👤RO 🕔Kamis 29 Juli 2021, 18:36 WIB
Hyundai Motor telah menginisiasi pembangunan fasilitas produksi oksigen senilai USD600 ribu dengan memanfaatkan sebagian fasilitas pabrik...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya