Senin 16 Januari 2023, 22:45 WIB

Erick Thohir Buka Porseni NU

Widjajadi | Olahraga
Erick Thohir Buka Porseni NU

MI/WIDJAJADI
Pembukaan Porseni NU di Surakarta, Jawa Tengah

 

Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama diharapkan bisa digelar tiap tiga tahun sekali. Harapan itu disampaikan Ketua Steering Commitee Satu Abad Nahdlatul Ulama, Erick Tohir, saat membuka Porseni  NU Tingkat Nasional 2023 di GOR Sritex, Surakarta, Jawa Tengah, Senin (16/1) malam.
 
Menurut dia, Porseni ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan sejak satu abad Nahdlatul Ulama berdiri.
 
"Harapan saya, ajang ini bisa digelar rutin setiap tiga tahun. Tadi Gus Nusron (Ketua Porseni NU, Nusron Wahid) sempat mempertanyakan apakah ini Porseni akan diselenggarakan tiap satu abad," kata Erick Thohir.
 
Karena itu lanjut dia, saya minta izin, kegiatan Porseni ini bisa dilakukan setiap tiga tahun sekali.

Pernyataan Erick disambut tepuk tangan dari peserta.  

 Ia menegaskan, kegiatan Porseni NU merupakan fondasi kebangsaan dan fondasi anak muda ke depan.Karena itu, penting bagi para pemimpin NU ke depan untuk memastikan acara ini terus berjalan.
 
"Siapa pun pemimpinnya baik di pusat dan daerah wajib mendukung Porseni diselenggarakan tiap tiga tahun," papar Menteri BUMN yang sedang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ini.
 
Porseni NU dijadwalkan berlangsung pada 13-22 Januari 2023. Dalam ajang ini, sebanyak 3.643 putra putri madrasah dari tiap pengurus wilayah NU (PWNU) akan berkompetisi menjadi yang terbaik.
 
Para atlet putra-putri NU yang berkompetisi terdiri dari usia 18-23 tahun, atau jenjang SMA sederajat hingga perguruan tinggi.
 
"Kegiatan ini mempertemukan solidaritas tiga unsur penting NU, yaitu santri, pelajar dan mahasiswa," kata Ketua Pelaksana Porseni NU, Nusron Wahid.
 
Nusron menambahkan, total akan ada 1.200 dewan juri dan perangkat pertandingan lainnya yang akan meramaikan ajang Porseninyang bertajuk : Merawat Raga, Memperkuat Bangsa untuk Peradaban Dunia
 
"Porseni ini sinyal untuk menyehatkan akal budi dan menyehatkan masyarakat Indonesia," kata Nusron.
 
Dalam ajang ini dipertandingkan beberapa cabang olahraga, seperti sepakbola, bulutangkis, bola voli dan pencak silat.
 
Sementara perlombaan seni ada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), dan Hifdzul alfiyah (lomba menghafal Kitab Alfiyah).
 
Acara pembukaan juga dihadiri oleh Rais 'Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Ketua Peringatan Satu Abad NU Yenny Wahid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir. (N-2)

 

 
 
 

 

Baca Juga

Antara

Tim Rifle Putri Sumbang Perunggu di Piala Dunia ISSF

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:59 WIB
Khairunnisa Salsabila/Audrey Zahra Dhiyaanisa/Masayyu Putri Fadillah memenangi duel perebutan tempat ketiga nomor air rifle 10 meter beregu...
MI/Ramdani

PBSI Puas dengan Capaian Skuad Merah Putih di Indonesia Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 19:16 WIB
Awalnya, PP PBSI sempat khawatir dengan performa tim Indonesia jelang bergulirnya Indonesia Masters 2023. Namun, kekhawatiran tersebut...
Wikipedia

Ukraina Kecam Komite Olimpiade Nasional yang Berencana Libatkan Rusia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 14:53 WIB
IOC berencana untuk kembali melibatkan Rusia bergabung pada Olimpiade Paris...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya