Selasa 29 November 2022, 16:06 WIB

Teknik Dasar Bola Basket dan Kegunaannya

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Olahraga
Teknik Dasar Bola Basket dan Kegunaannya

Antara/Mohammad Ayudha.
Ilustrasi.

 

BASKET merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak orang. Olahraga ini membutuhkan dua tim yang masing-masing beranggotakan lima pemain.

Tujuan utama bermain basket yaitu menghasilkan poin sebanyak-banyaknya dengan memasukkan bola ke dalam ring.

Teknik dasar permainan bola basket

1. Dribbling.

Pemain akan membawa bola dengan cara memantul-mantulkannya ke lantai dengan satu tangan atau secara bergantian sambil berjalan atau berlari. Dribbling dilakukan untuk melindungi bola agar tidak direbut lawan. Menggiring bola dilakukan untuk mencari peluang dari serangan, menerobos pertahanan lawan, ataupun memperlambat tempo permainan. 

2. Catching dan passing.

Catching berarti menangkap bola basket dari tim maupun lawan. Kemudian passing ialah mengoper atau memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket. Dalam menangkap bola, pemain perlu memperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. 

Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola.

3. Shooting.

Jenis shooting dalam bola basket terdiri dari one-handset shoot, jump shoot, free throw, lay up, hook shoot, runner, dan three point shoot. Teknik ini akan menentukan kemenangan dari tim yang bermain. 

4. Pivot.

Pivot adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sebagai porosnya sambil memegang bola basket. Teknik ini bertujuan menyelamatkan bola agar tidak direbut dan lepas ke tangan lawan. 

Gerakan putaran pivot sebaiknya tidak sampai menggeser letak kaki (poros) yang dipakai berputar. Jika sampai geser, sudah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar tersebut bisa sampai 380 derajat. 

5. Rebound.

Rebound ialah saat pemain mendapatkan bola pantul yang gagal masuk ring. Pemain yang akan melakukan rebound pada umumnya ialah pemain yang berada di posisi depan dan tengah atau pemain yang memiliki tinggi badan lebih tinggi daripada pemain lain.

6. Screen.

Teknik ini ialah gerakan dari pemain yang berperan sebagai penyerang yang akan membebaskan teman satu timnya dari penjagaan tim lawan. Gerakan screen bisa dilakukan dengan cara menutup arah pergerakan pemain tim lawan yang menjaga teman satu tim. Selanjutnya untuk membuka ruang pergerakan teman satu tim tersebut yaitu dengan memberi jalan melewati belakang pemain yang melakukan screen. 

Aturan dalam menggiring bola basket

1. Peraturan 3 detik.

Saat berada di area pertahanan, pemain tidak boleh membawa bola lebih dari 3 detik. Jika pemain membawa bola lebih dari 3 detik, ia akan dicatat sebagai pelanggaran.

2. Peraturan 8 detik.

Waktu yang dibolehkan suatu tim untuk memainkan bola di daerah pertahanannya sendiri selama delapan detik. Jika bola dimainkan lebih dari 8 detik, hal tersebut dianggap sebagai pelanggaran.

3. Peraturan 24 detik.

Waktu yang dibolehkan untuk satu tim dalam melakukan serangan ialah 24 detik. Pelanggaran akan dicatat jika serangan dilakukan lebih dari 24 detik. (OL-14)

Baca Juga

AFP

RI Turunkan Ganda Putra Terbaik di Kejuaraan Beregu Campuran Asia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 08 Februari 2023, 17:00 WIB
Mereka adalah pasangan nomor satu dunia Fajar Alfian/Muhammad Rian, serta juara Kejuaraan Asia 2022 Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich...
MI/ Akmal Fauzi

Arsjad Rasjid Fokus Ulangi Sejarah Panahan di Olimpiade

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 16:19 WIB
Ia bertekad ingin mengulang kesuksesan panahan di kancah internasional seperti Olimpiade Seoul...
Twitter @F1

Perkenalkan C43, Alfa Romeo Optimistis Tampil Lebih Baik di Formula 1 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Februari 2023, 12:15 WIB
Dirancang oleh Direktur Teknis Jan Monchaux dan timnya, C43 merupakan evolusi dari C42, dengan pendekatan yang disesuaikan dengan perubahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya