Senin 26 September 2022, 08:30 WIB

KOI Masih Berupaya Agar Pencak Silat Dipertandingkan di World Beach Games 2023

Basuki Eka Purnama | Olahraga
KOI Masih Berupaya Agar Pencak Silat Dipertandingkan di World Beach Games 2023

ANTARA/Zabur Karuru
Pertandingan pencak silat di SEA Games Vietnam 2021.

 

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI) menyampaikan pihaknya masih bernegosiasi dengan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) untuk memasukkan pencak silat dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan di ANOC World Beach Games di Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari saat 1st Technical Delegate Meeting ANOC World Beach Games Bali 2023 di Kuta, Badung, Bali, Minggu (25/9), menyampaikan suatu cabang olahraga dapat dipertandingkan apabila olahraga itu ada di lima benua dan aktif dipraktikkan di lima benua.

"Ini masih dalam bentuk negosiasi (pencak silat masuk daftar cabang olahraga ANOC World Beach Games Bali 2023)," kata Raja Sapta Oktohari menjawab pertanyaan wartawan.

Baca juga: KONI Pusat Beri Lifetime Achievment Award untuk Eddie Marzuki Nalapraya

Sejauh ini, total ada 14 cabang olahraga yang dipertandingkan di ANOC World Beach Games 2023 di Bali, yang 10 di antaranya merupakan cabor wajib dan empat lainnya merupakan cabor tambahan.

Kesepuluh cabang wajib itu yaitu aquathlon, beach handball (Bola Tangan Pantai), Beach Soccer (Sepak Bola Pantai), Beach Tennis (Tenis Pantai), Beach Volleyball 4x4 (Voli Pantai 4x4), Beach Waterpolo (Polo Air), Beach Wrestling (Gulat), Karate - Beach Kata, Kiteboard, dan Open Water Swimming.

Empat cabang tambahan di ANOC World Beach Games 2023 di Bali, yaitu Bola Basket 3x3, Air Badminton, Rowing, dan Surfing (Selancar).

Indonesia untuk pertama kalinya ditunjuk sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023, yang seluruh pertandingan bakal berlangsung di Bali pada 5-12 Agustus. 

Tidak hanya itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah Sidang Umum Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC General Assembly) pada 13-15 Agustus 2023.

Games Operation Coordinator 2nd ANOC World Beach Games 2023 Richard Sambera pada pertemuan yang sama menyampaikan bakal ada 1.554 atlet dari 100 negara yang akan bertanding di 14 cabang olahraga.

"Ini unik sekali, yang sudah kita lakukan di Asian Games dan Asian Paragames ruang lingkupnya Asia, sekarang dunia," kata Richard Sambera.

Sejauh ini, penyelenggara, yaitu KOI dan ANOC, belum menentukan lokasi pertandingan. Walaupun demikian, ada tiga lokasi yang telah dilirik dan dinilai potensial, yaitu di Nusa Dua, Kuta, dan Jimbaran, yang seluruhnya berlokasi di Kabupaten Badung.

"Sejauh ini, kami sudah melihat beberapa tempat. Ada beberapa klaster yang punya potensi besar, mulai dari daerah Kuta, Jimbaran, dan kami melihat potensi karena pantainya juga bagus di Nusa Dua juga ada," kata Richard.

Meskipun belum ada tempat yang dipilih, penyelenggara telah menentukan lokasi upacara pembukaan ANOC World Beach Games pada 5 Agustus 2023, yaitu di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park.

Di acara pembukaan, penyelenggara bakal menampilkan pertunjukan budaya Bali dan daerah lain di Indonesia serta acara hiburan modern lainnya.

"GWK tempat yang sangat ikonik di Bali. Ini bakal menjadi tempat pembukaan yang unik," kata dia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Cole Burston / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP

Tanpa LeBron dan Davis, Lakers Kalah Lagi

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 08 Desember 2022, 14:31 WIB
Anthony Davis absen karena sakit adapun LeBron James mengalami cedera pergelangan...
AFP/FRANCK FIFE

Reli Dakar 2023 akan Jelajahi Rute Paling Menantang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 12:45 WIB
Edisi ke-45 Reli Dakar kali ini akan berlangsung mulai 31 Desember hingga 15 Januari 2023, sebelum finis di pesisir timur negara kerajaan...
AFP/Cole Burston/Getty Images

James dan Davis Absen, Lakers Kalah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 08 Desember 2022, 11:00 WIB
Davis harus absen karena cedera saat memperkuat Lakers kala kalah dari Cleveland Cavaliers, Rabu (7/12) WIB dengan 102-116, sedangkan James...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya