Kamis 10 Maret 2022, 04:11 WIB

Rio Waida Jadi Juara di QS 1000 Bali Pro

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Rio Waida Jadi Juara di QS 1000 Bali Pro

AFP/SONNY TUMBELAKA
Peselancar Indonesia Rio Waida

 

PESELANCAR Indonesia Rio Waida berhasil mewujudkan targetnya untuk menjuarai turnamen surfing Qualifying Series (QS) 1000 Vans Bali Pro, yang digelar di Pantai Kuta, Bali, Rabu (9/3).

Lolos dari babak pertama, Selasa (8/3), Rio bertanding di perempat final pada Heat 1 dengan mengumpulkan 12.20 poin untuk menduduki posisi kedua dan melaju ke semifinal.

Berlanjut ke babak semifinal, dikutip dari situs web resmi World Surf League (WSL), wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 itu mencetak poin tinggi dengan ombak pertama 7.00 dan ombak kedua 8.50 yang membuat dirinya berada di posisi pertama Heat 1 untuk mengamankan tempat di babak final.

Baca juga: Peselancar Waida Bersaudara Bertekad Bisa Tampil di Olimpiade Paris 2024

Mengawali final dengan cukup meyakinkan, Rio akhirnya mencetak poin 8.00 pada kesempatan ombak ketiga dan menutup pertandingan yang berdurasi 25 menit itu dengan kembali mencetak 6.53 untuk mengumpulkan poin 14.53 sekaligus memenangi turnamen.

Sementara itu, Ketut Agus berada di posisi kedua, I Made Rondi di peringkat ketiga, dan Kian Martin dari Swedia finis di urutan keempat. 

Adik Rio, pemegang dua medali emas dalam ekshibisi PON Papua, Ryuki Waida gagal menembus babak final dan harus puas di posisi kelima.

Vans Bali Pro merupakan turnamen yang digelar liga selancar dunia WSL dan menjadi QS pertama seri regional 2022 serta event WSL pertama yang diselenggarakan di Indonesia sejak 2019.

Sebagai acara pertama dari QS regional WSL Asia, Vans Bali Pro memainkan peran besar dalam menentukan perwakilan Challenger Series di kawasan Asia untuk 2022, langkah awal menuju Championship Tour.

Acara tersebut menjadi sangat penting bagi Rio, yang merupakan salah satu harapan besar untuk kualifikasi Championship Tour di kawasan Asia.

Selanjutnya, Rio berharap dapat tampil di turnamen surfing profesional Quicksilver/Roxy Pro G-Land pada 28 Mei-6 Juni, yang merupakan rangkaian WSL Championship Tour 2022 dan diikuti oleh banyak surfer papan atas dunia. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/CARL COURT

Pulih dari Cedera, Murray Optimistis Raih Gelar Ketiga Wimbledon

👤Akmal Fauzi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 13:30 WIB
Murray mengatakan tidak banyak orang yang masih percaya padanya untuk kembali ke performa terbaik, tetapi dukungan terus diberikan Ivan...
AFP

Tidak Dapat Izin di US Open, Djokovic Justru Termotivasi di Wimbledon

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:00 WIB
Novak Djokovic semakin termotivasi meraih gelar keempatnya di Wimbledon mengingat ajang tersebut diperkirakan akan menjadi penampilan Grand...
AFP/Emilee Chinn/GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Petenis Kroasia Borna Coric Mundur dari Wimbledon

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 07:30 WIB
Petenis Kroasia Borna Coric mengundurkan diri dari Wimbledon karena cedera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya