Kamis 03 Februari 2022, 11:37 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, IBL Tunda Pertandingan 3-5 Februari 2022

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Kasus Covid-19 Meningkat, IBL Tunda Pertandingan 3-5 Februari 2022

ANTARA/Gilang Galiartha
Logo IBL

 

MENYUSUL ditemukannya sekitar 13 kasus positif covid-19 yang menginfeksi para pemain dan juga wasit, Liga Bola Basket Indonesia (IBL) memutuskan menunda penyelenggaraan selama tiga hari mulai Kamis (3/2) hingga Sabtu (5/2).

Langkah tersebut merupakan upaya preventif yang dilakukan IBL untuk menghentikan penyebaran covid-19. Opsi mitigasi dengan mengistirahatkan pertandingan pada seri kedua IBL Tokopedia 2022 itu diambil oleh manajemen sesuai dengan prosedur yang telah disusun sebelumnya.

"Hari Kamis (3/2), Jumat (4/2), dan Sabtu (5/2) kami putuskan untuk tidak mempertandingkan gim sebagai upaya menghentikan penyebaran covid-19," kata Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah, dalam keterangan resmi, Rabu (3/2).

Baca juga: 6 Pemain Pelita Jaya Bakrie Terpapar Covid-19 

"Meskipun terdapat kasus positif, personel yang sehat sejauh ini lebih banyak dan terdapat juga personel yang awalnya positif telah sembuh dengan hasil negatif. Mengingat musim kompetisi masih panjang, sementara ini demi mencegah dan menghentikan penyebaran, sisa pertandingan seri kedua kami istirahatkan," tegas Junas.

Dengan adanya penundaan sejumlah pertandingan, IBL kini tengah membuat rencana untuk memperpanjang seri Bandung untuk kembali melanjutkan sisa pertandingan.

Adapun 13 kasus positif covid-19 yang ditemukan IBL berdasarkan hasil dari tes PCR yang dilakukan pada 1 Februari lalu. IBL meyatakan semua pasien positif telah ditangani dengan baik.

"Langkah mitigasi seperti ini memang harus dilakukan. Kita juga telah melakukan karantina, isolasi dan pengawasan kepada mereka yang memperoleh hasil positif," kata Panudju dari RS Royal Premier, sebagai tim dokter pendamping penyelenggara.

Penyelenggaraan IBL musim 2022 melangsungkan sebanyak 6 seri di 6 kota berbeda, seri pertama digelar di Jakarta pada 15-22 Januari lalu. Kemudian seri kedua kini tengah berlangsung di Bandung dengan jadwal semula 29 Januari sampai 5 Februari mendatang.

Seri ketiga dijadwalkan akan di gelar di Yogyakarta pada 10-16 Februari, lalu seri keempat akan berlangsung di Solo pada 3-9 Maret. Seri kelima akan berlangsung di Surabaya pada 13-19 Maret, sedangkan Bali akan menjadi seri terakhir atau seri keenam IBL pada 24-30 Maret. (IBL/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Tiba di Jepang, Tim Bulu Tangkis Indonesia Fokus Pemulihan Kondisi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:33 WIB
Tim pun bergegas melakukan tes PCR sebagai syarat yang diajukan panitia...
AFP

So Yeon Ryu Unggul di Putaran Pertama Simone Asia Pacific

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:23 WIB
Juara tiga kali tur LPGA itu berhasil menguasai klasemen di hari pertama Simone Asia Pacific Cup, setelah membukukan 65 pukulan atau tujuh...
ANTARA

Logo Piala Dunia U-20 Resmi Dirilis, Indonesia Matangkan Persiapan

👤Akmal Fauzi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 20:13 WIB
Zainudin berharap Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya