Jumat 31 Desember 2021, 10:25 WIB

Kormi Jateng Siap Gelar Festival dan Jambore 2022

Haryanto | Olahraga
Kormi Jateng Siap Gelar Festival dan Jambore 2022

dok.mi
Logo Kormi

 

KOMITE  Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah menggelar Rapat Koordinasi Pengurus guna menyusun peraturan organisasi serta persiapan agenda kegiatan (Forda, Fornas, Festival dan jambore) tahun 2022, Kamis (30/12) di Hotel Kesambi Semarang.

Menurut Ketua KORMI Jateng, Maria Tri Mangesti, melalui rakor ini pengurus akan merumuskan agenda kebangkitan KORMI Jateng, terutama akibat menurunnya pretestasi  KORMI Jateng di ajang FORNAS.

"KORMI Jateng pada FORNAS terakhir di Samarinda Kalimantan Timur, prestasinya anjlok ke posisi juara VII, tahun 2019 lalu. Padahal kami pernah tiga kali berturut-turut juara 1, yakni di Jakarta, di Semarang dan di Bali. Maka tekad kami tahun 2022 di Palembang nanti harus bangkit menjuarai FORNAS," ungkapnya optimistis, Jumat (31/12).

Maria menambajkan kepengurusan kali ini adalah kepengurusan antar waktu setelah FORMI berganti nama menjadi KORMI. Dengan beberapa nama baru yang dianggap kompeten dan berdedikasi tinggi, diharapkan dapat mewujudkan tekad KORMI Jateng Indonesia Bugar, Indonesia Bangkit.

Sebagai catatan pada FORNAS I yang digelar di Jakarta tahun 2011, KORMI Jateng menjadi juara I. Begitu juga pada FORNAS II di Semarang dan FORNAS III di Bali. Namun prestasi yang membanggakan itu anjlok ke posisi VI dan VII pada FORNAS IV di Banjarmasin Kalsel (2017) dan FORNAS V di Samarinda Kaltim (2019).

Berbeda dengan KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) yang membawahi dan menaungi cabang-cabang olahraga prestasi, menurut Wakil Ketua KORMI Jateng, Asfirla Harisanto, KORMI adalah organisasi yang menaungi cabang-cabang olahraga rekreasi dan kemasyarakatan (bukan cabang olahraga prestasi).

Di KORMI, cabang-cabang olahraga tersebut dibagi menjadi tiga cabor .Yakni Komisi Olahraga Tradisi dan Budaya; Komisi Olahraga Tantangan dan Petualangan dan Komisi Olahraga Kesehatan dan Kebugaran.

Bogi, sapaan karib Asfirla menambahkan, tiga jenis olahraga tersebut sesuai UU Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional Namanya Tiga Pilar Olahraga. Pertama olahraga Pendidikan, kedua olahraga rekreasi dan ketiga olahraga prestasi.

"Hingga saat ini baru 27 cabang olahrga rekreasi di Jawa tengah yang bergabung ke KORMI. Tugas kami disamping menyiapkan kebangkitan olahraga rekreasi untuk kembali menjuarai FORNAS di Palembang nanti. Juga merangkul semakin banyak cabang olahraga rekreasi di Provinsi ini menjadi anggota KORMI," tandas Bogi. (OL-13)

Baca Juga: Viral, Sejumlah Kades di Pati Asyik Berkaraoke Saat PPKM

 

Baca Juga

AFP/Mitchell Leff/Getty Images

Harden Siap Terima Gaji Lebih Kecil Agar Sixers Bisa Perkuat Skuat

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 11:30 WIB
Harden membukukan raihan 22 poin dan 10,3 assist selama 65 laga bersama Nets dan Sixers pada musim...
AFP/Ben Stansall

Sainz Berteima Kasih Atas Dukungan Penonton di Kualifikasi GP Inggris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:30 WIB
Pembalap Spanyol berusia 27 tahun itu mengalahkan rekan setimnya Charles Leclerc serta pemuncak klasemen sementara pembalap dari tim Red...
ANTARA/M Agung Rajasa

Tampil di Kejuaraan Dunia Renang, Gladies Lariesa Mengaku Dapat Pelajaran Berharga

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 10:00 WIB
Gladies menjadi satu-satunya wakil Indonesia pada disiplin loncat indah di Kejuaraan Dunia FINA 2022. Dia turun di dua nomor yakni papan 1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya