Minggu 05 Desember 2021, 04:37 WIB

Hamilton Lolos dari Penalti, Mercedes Diganjar Denda di GP Arab Saudi

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Hamilton Lolos dari Penalti, Mercedes Diganjar Denda di GP Arab Saudi

AFP/Giuseppe CACACE
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton

 

STEWARD Formula 1 menegur Lewis Hamilton dan menjatuhkan denda kepada tim Mercedes setelah memanggil sang juara dunia tujuh kali itu menjelang kualifikasi Grand Prix Arab Saudi di Jeddah, Sabtu (4/12).

Keputusan itu menjauhkan Hamilton dari ancaman penalti grid di balapan penultima musim tersebut, yang dibutuhkan sang pembalap Inggris untuk mengincar kemenangan demi menejar defisit delapan poin dari pemuncak klasemen sementara Max Verstappen.

Pasalnya, Verstappen berpeluang mengunci gelar juara dunia pertamanya di Jeddah apabila sang pembalap Red Bull mencetak 18 poin lebih banyak dari Hamilton di Sirkuit Corniche, Minggu (5/12).

Baca juga: Hamilton: Pembalap Harus Waspada di Titik Buta di Sirkuit Jeddah

Steward, pada akhirnya, mewajibkan Mercedes membayar denda 25.000 euro dan menjatuhkan teguran untuk kedua kalinya kepada Hamilton musim ini karena sang pembalap kedapatan menghalangi laju pembalap tim Haas Nikita Mazepin, yang harus melakukan manuver menghindar dalam kecepatan tinggi di sesi latihan terakhir.

Direktur balapan Michael Masi, berbicara dengan tim Haas saat sesi latihan, mengakui kurangnya bendera putih yang dikibarkan sebagai peringatan bagi Hamilton atas adanya pembalap Rusia yang melaju kencang dari belakang.

Mercedes memperingati Hamilton lewat radio tapi sudah terlambat bagi sang pembalap untuk menghindar.

Hamilton juga dipanggil menghadap steward karena dianggap gagal mematuhi peringatan bendera kuning ganda namun steward pada akhirnya tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

Mereka mengatakan lampu peringatan bendera kuning ganda dari sistem marshal diaktifkan secara tidak sengaja kurang dari satu detik dan tidak ada bendera maupun lampu kuning yang dinyalakan untuk sang pembalap. (Ant/OL-1)

Baca Juga

AFP/JOSE JORDAN

Cedera Saat Latihan, Remy Gardner Naik Meja Operasi

👤Basuki Ek Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 06:17 WIB
Juara dunia Moto2 itu mendapatkan dua sekrup terpasang di lengannya menyusul cedera yang dia alami ketika latihan motorcross, Sabtu...
AFP/Martin KEEP

Zverev Nikmati Tekanan Pendukung Tuan Rumah Saat Kalahkan Millman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 06:03 WIB
"Olahraga butuh kemeriahan penonton, tidak masalah apakah mereka mendukung saya atau tidak, yang jelas saya menikmati atmosfernya dan...
AFP/Paul Crock

Krejcikova Melaju ke Putaran Ketiga Australia Terbuka untuk Kali Pertama

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 20 Januari 2022, 05:40 WIB
Juara Roland Garros 2021 ini sangat senang dengan kemenangan atas petenis peringkat ke-139, yang mengantarnya pada babak baru di lapangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya