Senin 06 September 2021, 15:51 WIB

Geser Hamilton, Verstappen Naik ke Puncak Klasemen

Ilham Ananditya | Olahraga
Geser Hamilton, Verstappen Naik ke Puncak Klasemen

Francisco Seco / various sources / AFP
Pembalap tim Red Bulls, Max Verstappen, mengangkat trofi juara di Formula 1 GP, Zandvoort, Belanda, Minggu (5/9).

 

PEMBALAP tim Red Bull, Max Verstappen, berhasil menjuarai Formula 1 Grand Prix Belanda 2021 sekaligus kemenangannya itu menggeser puncak klasemen F1 2021 yang sebelumnya ditempati oleh Lewis Hamilton, Minggu (5/9) malam WIB.

Kemenangan ketujuhnya musim ini, membuat Verstappen mendapat tambahan 25 poin menjadi 224,5 total poin untuk memuncaki klasemen F1. Pembalap Mercedes Hamilton turun ke peringkat kedua dengan hanya selisih tiga poin.

Pembalap asal Inggris tersebut akui keperkasaan Verstappen yang memenangi gelaran pertama F1 GP Belanda sejak 1985 di sirkuit Zandvoort.

"Max melakukan balapan dengan baik. Saya sudah berjuang dengan segala upaya. Tapi mereka (Verstappen dan Red Bull) terlalu cepat untuk kami," tutur Hamilton.

Walaupun sudah dibantu rekan setim Mercedes, Valtteri Bottas untuk menutup jalan Verstappen. Namun pembalap 23 tahun tersebut masih bisa menyalip dengan mudah Bottas di lap ke-31.

Valtteri hanya mampu bertahan dan finis di peringkat ke-3 di GP Belanda.

Jelang akhir balapan Hamilton gagal melakukan percobaan undercut terhadap Verstappen yang juga menutup posisi lintasan.

Tim Red Bull juga berhasil membujuk Verstappen untuk segera masuk ke dalam pit stop untuk melakukan pergantian tipe ban ke ban keras dan usaha itu berhasil memperpanjang jaraknya dengan Hamilton yang menggunakan tipe ban medium.

Hamilton tambah dibuat frustrasi karena kehilangan waktu dalam area pit stop keduanya di penutupan akhir balapan.

"Ini luar biasa. Ekspektasi yang tinggi memang tidak pernah mudah untuk dipenuhi. Saya sangat senang bisa menang di sini, memimpin di kejuaraan," kata Verstappen.

“Ini jelas hari yang sangat baik. Start sangat penting dan saya melakukannya dengan baik. Mercedes jelas mencoba upaya untuk mempersulit kami, tetapi kami berhasil membalas dan kami sangat senang dengan kinerja seluruh tim hari ini," tutur Verstappen.

Beda halnya dengan pembalap Alfa Romeo Antonio Giovinazzi yang memulai balapan diposisi ketujuh harus puas finis di peringkat ke-14 karena ban mobilnya mengalami puncture (bek akibat tusukan).

Sementara rekan setim Verstappen, Sergio Perez yang finis di posisi delapan merasa dirinya dapat meraih peringkat keenam, jika saja pembalap McLaren Lando Norris tak menyentuhnya di akhir balapan yang menyebabkan insiden.

"Sayang sekali sentuhan Norris terjadi di akhir balapan. Hal itu tidak perlu (terjadi). Setelah kami saling menabrak, ada banyak kerusakan di sisi kanan mobil. Saya kehilangan banyak grip. Saya pikir posisi keenam memungkinkan jika tidak terjadi (tabrakan)," tutur Perez.

Namun berkat manuver baiknya itu menjaga mobilnya tetap stabil dan tidak mengganggu pembalap lainnya, Perez dinobatkan sebagai Driver of The Day dalam polling F1.com. (And/Crahs/OL-09)

 

 

Baca Juga

Antara

Nomor Perorangan Bisa Jadi Penebus Kegagalan Bulu Tangkis RI

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 20:12 WIB
Tim beregu putri Indonesia hanya bisa meraih medali perak seusai dikalahkan Thailand 0-3. Lalu, tim beregu putra kandas setelah kalah 2-3...
Antara

Atlet Sulteng Peraih Medali Emas Dapat Bonus Rumah

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 18 Mei 2022, 17:48 WIB
Rio Rizky Darmawan, atlet asal Sulawesi Tengah, berhasil menyumbangkan medali emas untuk Indonesia dalam SEA Games Vietnam...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana

Banyak Kejutan dari Atlet Muda di SEA Games Vietnam

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 18 Mei 2022, 16:31 WIB
“Saya melihat banyak kejutan yang diciptakan atlet muda kita. Ini sekaligus membuktikan dominasi atlet muda di Tim Indonesia yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya