Jumat 25 Juni 2021, 09:52 WIB

Papua Siap Selenggarakan PON XX

mediaindonesia.com | Olahraga
Papua Siap Selenggarakan PON XX

Ist/Kemenkominfo
Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 yang menghadirkan Menkominfo Johnny G Plate, Menpora Zainudin Amali, & Wali Kota Jayapura Benhur Tomi.

PEKAN Olahraga Nasional (PON) XX Papua semakin dekat. Pemerintah menyatakan bahwa persiapan event akbar yang dihelat pada 2-15 Oktober 2021 ini sudah berjalan sesuai rencana.

Dari segi pembangunan fisik, Menteri Pemuda dan ­Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut sudah tidak ada masalah, termasuk yang menjadi tanggung jawab Kemenpora yakni pengadaan beberapa peralatan cabang olahraga (cabor).

“Persiapan venue, persiapan tempat penginapan, kemudian transportasi dan berbagai hal itu saya kira sudah berjalan. Mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat melalui pendanaan APBN, baik di Kemenpora maupun Kementerian PUPR, Kominfo, kemudian Kementerian Perhubungan dan lain-lain, saya kira itu sudah teralokasi,” kata Menpora dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 yang digelar virtual, Kamis (24/6).

“Untuk pengadaan peralatan cabor tentunya tidak semuanya ada di Kemenpora, ada juga di provinsi. Kemudian, juga terkait penyelenggaraan, saya yakin akan berjalan sesuai jadwal,” lanjutnya.

Ditanya persiapan di lapangan, Menpora mengatakan bahwa koordinasi terus dilakukan. Menurutnya, Kemenpora menempatkan petugas di Papua secara bergiliran untuk memantau di empat klaster penyelenggaraan, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Timika, dan Kabupaten Merauke.

Selain infrastruktur persiapan venue dan transportasi, Zainudin Amali juga mengingatkan pentingnya infrastruktur telekomunikasi sebagai pendukung suksesnya perhelatan PON ke 20 yang dalam hal ini menjadi tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Kominfo Johnny G Plate menyatakan pihaknya siap mendukung dan menjamin sepenuhnya layanan jaringan telekomunikasi seluler 4G di Papua saat penyelenggaraan ajang PON XX Papua. Menurut dia, seluruh lokasi yang dijadikan ajang kompetisi olahraga dan pendukungnya dipastikan akan memiliki akses komunikasi seluler 4G yang baik.

“Kita akan mengambil seluruh langkah untuk memastikan ketersediaan layanan telekomunikasi pada ajang olahraga ini,” ujar Men­kominfo dalam kesempatan yang sama.

Secara teknis, katanya, dalam memberikan pelayanan telekomunikasi yang berkualitas, Kominfo telah membangun rute baru kabel fiber optik jaringan bawah laut yang terdapat di kedalaman 4.000 meter di sebelah utara Jayapura.

Hal tersebut dilakukan agar jaringan telekomunikasi yang dibangun dapat memberikan akses seluler 4G ketika PON XX Papua berlangsung. Kominfo juga telah berkoordinasi secara intensif dengan operator seluler untuk menjaga ja­ringan telekomunikasi pada ajang olahraga tersebut tetap berkualitas selama berlangsungnya kompetisi.

Dengan begitu, kapasitas dari trafik paket data jaring­an telekomunikasi seluler 4G dapat digunakan secara optimal selama ajang olahraga tersebut berlangsung.

“Dijaga kualitasnya untuk mendukung telekomunikasi pada saat sebelum, selama, dan sesudah ajang olahraga di Papua sudah siapkan ­betul-betul,” kata Johnny.

Sebagai cadangan telekomunikasi di sana, lanjutnya, pihaknya juga telah mempersiapkan infrastruktur jaring­an telekomunikasi berkualitas melalui sambungan satelit yang dijadikan alternatif. Ini sebagai upaya menjaga ja­ringan telekomunikasi yang digelar selama ajang PON XX tetap berkualitas.

“Pemanfaatan satelit se­bagai back up telekomunikasi pada ajang PON XX di Papua,” imbuhnya.

Melalui dukungan dari jaringan telekomunikasi berkualitas, pesta PON XX dapat disaksikan melalui kanal, platform maupun aplikasi digital di mana pun berada. Sehingga, masyarakat dari berbagai daerah dapat menyaksikan setiap ajang kompetisi olahraga bergengsi tersebut melalui ruang digital dalam beberapa waktu ke depan.

Saat ini, Kominfo sudah menyediakan berbagai kanal komunikasi di ruang digital yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai pemangku kepentingan untuk menyebarkan berbagai informasi terkait dengan PON XX. Mengingat, masyarakat membutuhkan informasi yang tepat, supaya dapat mendukung sepenuhnya penyelenggaraan kompetisi olahraga tingkat nasional itu.

Sementara itu, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengungkapkan bahwa masyarakat Papua sangat bangga atas kepercayaan diselenggarakannya PON XX di Bumi Cendrawasih. Karena itu, katanya, antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut PON Papua.

Hal tersebut salah satunya terlihat dari tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti vaksinasi co­vid-19. Benhur mengatakan, hal ini sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat yang tinggal dekat dengan venue harus divaksinasi.

“Itu terbukti, di klaster Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke sekarang antusias masyarakat untuk datang divaksin cukup tinggi,” ujar Benhur.

Wali Kota Jayapura pun menegaskan bahwa empat kabupaten dan kota tempat di selenggarakannya PON XX sangat aman. “Kami siap untuk menyambut duta-duta olahraga dari seluruh Indonesia untuk ajang prestasi di Tanah Papua,” pungkasnya. (Ifa/S2-25)

Baca Juga

Twitter @F1

Tercepat di GP Hongaria, Esteban Ocon Raih Juara Perdana

👤Ant 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 23:33 WIB
Balapan sepanjang 70 putaran itu sempat dihentikan sementara menyusul kecelakaan beruntun di tikungan pertama lap...
Antara

Olimpiade Tokyo jadi Laga Terakhir Hendra Setiawan

👤Ilham Ananditya 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:15 WIB
"Kami mohon maaf kepada rakyat Indonesia belum bisa menyumbang medali. Tapi kami sudah berusaha memberikan yang terbaik dan...
AFP

Atlet Angkat Besi Transgender Picu Perdebatan di Olimpiade

👤Ilham Ananditya 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 19:00 WIB
Hubbard awalnya lahir dan berkompetisi sebagai seorang pria hingga usianya menginjak 35...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya