Sabtu 08 Mei 2021, 20:00 WIB

Timba Pengalaman di Italia, Qarrar Firhand Jadi Pembalap Intrepid

Ghani Nurcahyadi | Olahraga
Timba Pengalaman di Italia, Qarrar Firhand Jadi Pembalap Intrepid

Dok. Pribadi
Qarrar Firhand menjelaskan rencana latihannya di Italia

PEMBALAP belia Qarrar Firhand resmi menjadi pembalap nomor satu tim Intrepid di Italia pada kelas mini balapan gokart dunia. Pembalap yang karib disapa Al itu akan menjalani balapan dan latihan di Italia dalam Intrepid Driver Programme.

Dengan bergabung ke Intrepid, Qarrar kini resmi merintis jalan untuk menjadi pembalap kelas dunia. Intrepid dikenal melahirkan sejumlah pembalap tenar di ajang Formua 1, seperti Max Verstappen, Charles Leclerc, dan George Russell.

Pemilik Intrepid Mirko Sguerzoni menjelaskan, pihaknya telah memperhatikan performa Qarrar dalam sejumlah balapan yang diikuti putra Firhand Ali tersebut.

"Kami berharap Qarrar bisa lebih siap secara mental sebelum memulai balapan international di Italia nanti. Kami juga sudah fokus melihat penampilannya sejak ia melakukan balapan disini sebelumnya dan ini akan jadi program jangka panjang yang baik untuk Qarrar," jelas Mirko.

Sejumlah prestasi yang telah dikuti Qarrar diantaranya juara 1 kelas Mini Rok dan peraih fastest lap pada putaran 1, 2, dan 3 di Kejuaraan Nasional Gokart Eshark Rok Cup 2021 yang sudah berlangsung sepanjang Maret dan April lalu di Sentul International Karting Circuit, Bogor.

Di Italia nanti, Qarrar yang didampingi ayahnya, beserta Manajer Teknik Faris Lutfi dan Pelatih Fisik Jimmy Akbar, akan mengikuti berbagai event gokart internasional. Antara lain Italian Championship sebanyak 3 putaran, World Series Karting sebanyak 2 putaran, dan Italian Rok Cup Championship 1 putaran.

Baca juga : Sebastian Vettel Rasakan Pengalaman Terbaik dengan Aston Martin

Firhand menargetkan Qarrar akan segera mengikuti seluruh seri balapan kejuaraan karting internasional ada 2022 mendatang. 

"Tahun depan itu ia akan balapan di 17 balapan dan tahun ini 11 balapan. Pelan-pelan jumlah balapannya harus naik. Tujuannya adalah mendidik dan melatih Qarrar dalam kompetisi gokart tertinggi di Dunia. Karena semua pembalap F1 itu datangnya dari World Series Karting. Jadi, ini jenjang yang harus diikuti Qarrar dengan baik," jelas Firhand. 

Qarrar akan memulai balapan di Italia pada 23 Mei hingga 27 Juni. Setiap pekan ia akan bergelut dengan balapan hingga kembali ke Jakarta dan memulai balapan Kejurnas Eshark Rok Cup juga di Jakarta pada 3 Juli. 

"Hasilnya dari Italia itu akan terlihat juga saat ia balapan di Sentul nanti pada awal Juli. Kita dapat dukungan pabrikan Intrepid yang bermarkas di kota Verona, sehingga sangat wajar kita memilih Italia sebagai tempat Qarrar beradaptasi dan menimba ilmu karena pabrikan itu berlokasi di Italia," lanjut Firhand.

Saat balapan nantinya Qarrar tentu akan menghadapi hal berbeda dengan balapan melawan sekitar 80-120 pembalap di lintasan. Artinya, ia harus memperkuat mentalnya juga untuk menghadapi ratusan lawannya di lintasan. 

"Rata-rata pembalap di Italia kan sahabat saya, saya kenal sebagian besar dari mereka karena saya sudah balapan sejak dua tahun lalu di Italia jadi sudah kenal semua. Saya sama sekali gak takut dengan ratusan pembalap itu karena kami juga teman di luar lintasan. Jadi, pasti dijalani saja dengan santai tapi tétap harus berjuang keras saat balapan," jelas Qarrar. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP/ISSEI KATO

Ketua Panitia Optimistis Olimpiade Tokyo akan Tunjukkan Nilai Sejati Olimpiade

👤Rifaldi Putra Irianto, Lidya Tannia Bangguna 🕔Rabu 23 Juni 2021, 11:16 WIB
Pandemi covid-19 memberikan kesempatan bagi penyelenggaraan Olimpiade yang berfokus pada...
AFP/ Ethan Miller/Getty Images

Harlem Globetrotters Ingin Berlaga di NBA

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 23 Juni 2021, 11:06 WIB
"Saat NBA berencana melakukan perluasan, waktunya telah tiba bagi Harlem Globetrotters untuk menjadi tim...
Adrian DENNIS / AFP

Andy Murray Berharap Wimbledon 2021 Bukan Edisi Terakhirnya

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 23 Juni 2021, 10:38 WIB
Andy Murray kini bersiap untuk tampil di turnamen grand slam lapangan rumput Wimbledon 2021 yang akan dimulai pada 28 Juni 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kereta Api Makassar-Parepare Membangun Ekonomi dan Peradaban

Belanda pernah membuat jalur kereta api Makassar-Takalar, namun sejak Jepang berkuasa jalur itu dibongkar. Dan baru era sekarang, Sulawesi Selatan kembali memiliki jalur  kereta api

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya