Kamis 18 Februari 2021, 19:00 WIB

Mantan Atlet Gantikan Mori Jadi Ketua Olimpiade Jepang

Rifaldi Putra irianto | Olahraga
Mantan Atlet Gantikan Mori Jadi Ketua Olimpiade Jepang

AFP/Yuichi Yamazaki
Ketua Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto

MENTERI Olimpiade Jepang Seiko Hashimoto, resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, menggantikan pendahulunya Yoshiro Mori (83) yang mengundurkan diri. 

Diketahui, Mori mengundurkan diri setelah menuai kecaman berbagai pihak akibat  perkataanya terkait "wanita berbicara terlalu banyak di dalam rapat". Publik menganggap perkataan Mori tersebut merendahkan wanita dan meminta Mori untuk mundur dari jabatannya. 

Menggantikan Mori, Hashimoto merupakan mantan atlet Olimpiade yang pernah berkompetisi dalam cabang olahraga speed skating pada 1988 sampai 1996. Pencapaian tertinggi yang pernah diraihnya pada Olimpiade yakni saat ia meraih Medali Perunggu pada speed skating Olimpiade Musim Dingin 1992. 

"Saya akan berusaha keras untuk keberhasilan Olimpiade Tokyo," ucap Hashimoto, dikuti AFP, Kamis, (18/2). 

Baca juga : Jelang All England, Daya Tahan Ginting dan Jonathan Jadi Perhatian

Setelah terpilihnya Hashimoto menjadi Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, wanita berusia 56 tahun itu pun langsung menyerahkan pengunduran dirinya sebagai Menteri Olimpiade kepada Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga. 

Pengunduran diri Hashimoto sebagai Menteri Olimpiade harus dilakukan, menyusul peraturan pemerintah setempat yang melarang adanya rangkap jabatan. 

Hashimoto menyebutkan, prioritas utamanya setelah ia menjabat sebagai Ketua Umum Penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 adalah tindakan pencegahan virus covid-19. 

"Saya akan bekerja keras untuk memastikan publik baik dalam negeri maupun luar negeri merasa ini akan menjadi Olimpiade yang aman dan terjamin," tukasnya. (AFP/OL-7)

Baca Juga

Valery HACHE / AFP

Nadal Akan Hadapi Unggulan Ke-14 di Monte Carlo Masters

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 15 April 2021, 06:04 WIB
Petenis peringkat tiga dunia, Rafael Nadal menghempaskan petenis kidal Argentina Federico Delbonis dua set langsung 6-1, 6-2 di Monte...
AFP

Lumat Bintang Muda Italia, Djokovic Lanjut di Monte Carlo Masters

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 14 April 2021, 21:47 WIB
PERTARUNGAN dua petenis beda generasi antara petenis peringkat satu dunia Novak Djokovic dengan bintang tenis muda Jannik Sinner,...
AFP/Chartly Triballeau

KOI Yakin Kuota Atlet Indonesia ke Olimpiade akan Bertambah

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 14 April 2021, 20:17 WIB
"Kesempatan pun masih terbuka karena kualifikasi Olimpiade masih...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya