Rabu 08 Maret 2023, 18:18 WIB

Kementan Gelar Bimtek Urgensi 'Urban Farming`di Perkotaan di Purwakarta

Reza Sunarya | Nusantara
Kementan Gelar Bimtek Urgensi

dok.ist
Bimtek di Purwakarta merupakan kolaborasi Kementan dan Komisi IV DPR RI

 

KEMENTERIAN Pertanian RI bersama DPR RI menggelar Bimbingan Teknis (Bmtek) Peningkatan kapasitas petani dan penyuluh pertanian wilayah koordinasi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dengan tema 'Urgensi Pertanian Perkotaan' di Kabupaten Purwakarta, Sabtu pekan lalu (4/3).

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menegaskan bahwa penyuluh merupakan 'Kopassus' dari keberhasilan pertanian di Indonesia.

“Penyuluh itu punya peran penting. Penyuluh adalah 'Kopassus' Kementan. Peningkatan kompetensi SDM pertanian yang profesional dilakukan melalui pendidikan, pelatihan vokasi maupun sertifikasi profesi," katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa program Bimtek bagi penyuluh merupakan sarana untuk meng-update ilmu pengetahuan dan meningkatkan kapasitas.

“Bimtek bagi penyuluh merupakan sarana untuk meng-update ilmu pengetahuan, seperti pertanian perkotaan, itu salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing agar bisa menambah pendapatan rumah tangga,” kata Dedi.

Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin Anwar menambahkan kegiatan Bimtek merupakan kolaborasi Kementan dengan Komisi IV DPR RI dalam upaya peningkatan kapasitas petani dan penyuluh, serta regenerasi petani.

Syaifuddin menjelaskan, menurut penelitian dalam waktu 10 tahun terakhir, ada sekitar 50 ribu petani di Indonesia mulai habis sehingga perlu adanya regenerasi petani.

"Mengingat saat ini banyak penduduk yang bermukim di perkotaan, maka sangat perlu memberikan pengetahuan kepada para petani ataupun masyarakat agar bisa mengembangkan pertanian di perkotaan," katanya.

Kegiatan Bimtek diikuti oleh peserta dari petani, penyuluh, kelompok tani (Poktan), kelompok wanita tani (KWT) dan petani milenial yang antusias mengikuti pelatihan seraya berharap kegiatan seperti itu dapat terus berlanjut. (N-3)

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Pj Bupati Sorong: Tenaga Kesehatan dan ASN Diminta Lebih Banyak Tugas ke Kampung

👤Martinus Solo 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:47 WIB
Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso: Kepala Dinas Kesehatan harus memastikan kesejahteraan para Dokter dan Nakes yang bekerja di kampung, agar...
Dok. ist

Penetapan Lokasi Bandara Surabaya II, Pemda Klaim Tidak Langgar Hukum

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:45 WIB
Kepala Bappelitbangda Nagekeo Kasimirus Dhoy mengatakan penetapan lokasi (penlok) Bandara Surabaya II di Kota Mbay oleh Pemda tidak...
Dokumentasi pribadi.

Bupati Kepulauan Sangihe Perhatikan Warga Perbatasan Lipaeng dan Marore

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 23 Maret 2023, 10:34 WIB
Kerja sama antara Danlantamal Manado dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, dalam rangka bakti sosial dan kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya