Selasa 24 Januari 2023, 13:02 WIB

2 WNA Terjebak Air Laut Pasang di Badung Bali

Arnoldus Dhae | Nusantara
2 WNA Terjebak Air Laut Pasang di Badung Bali

ANTARA FOTO/Hendra N
Ilustrasi

 

DUA Warga Negara Asing (WNA) terjebak dalam air laut yang tiba-tiba mengalami pasang naik di Pantai Nunggalan, Kabupaten Badung, Bali, Senin (23/1) sekitar pukul 23.00 Wita. Tim SAR langsung dikerahkan untuk evakuasi 2 orang warga negara asing yang terjebak itu.

Kepala Basarnas Bali Gede Darmada mengatakan saat laporan diterima dari warga, timnya langsung bergerak ke lokasi. Dari informasi yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), estimasi kejadian sekitar pukul 21.00 Wita.

"Kami terima info pada pukul 23.00 Wita dari teman korban meminta bantuan evakuasi," kata Gede Darmada.

Saat terjebak tersebut, kedua WNA asal Russia dengan inisial GX (25/P) dan IK (25/L) berusaha bertahan dengan berlindung pada batu yang tinggi. Keduanya merasa senang bergerak ke arah laut saat pasang surut. Ketika hendak kembali, ternyata air laut yang ada di belakangnya sudah meninggi disertai ombak yang tinggi. Beruntung di tengah laut tersebut ada gundukan karang batu yang tinggi sehingga keduanya bertahan disitu.

Sebanyak 7 orang personel bergerak menuju Pantai Nunggalan. Penuturan dari Koordinator lapangan, Gede Suastra, mengungkapkan proses evakuasi harus melewati medan yang ekstrem, akses menuju korban melewati jalan setapak di pinggir tebing dan selanjutnya berenang.

"Kami membujuk korban untuk berenang dengan pelampung agar bisa naik ke atas melalui jalan setapak," ungkapnya.

Baca juga: Angin Kencang Diprediksi Landa Bali hingga 25 Januari

Proses mereka naik hingga sampai ke atas membutuhkan waktu kurang lebih selama 40 menit dengan cahaya terbatas.

"Tak banyak orang umum yang mengetahui akses jalan setapak tersebut, kami mengetahuinya setelah berkoordinasi dengan security hotel seputaran pantai tersebut," tuturnya.

Operasi SAR selesai dilaksanakan pada Selasa (24/1) pukul 00.46 Wita. Seluruh korban dalam keadaan selamat. Unsur SAR yang terlibat selama proses evakuasi di antaranya Basarnas Bali, Ditsamapta Polda Bali, Linmas Pecatu, Pecalang Desa Pecatu dan masyarakat setempat.(OL-5)

Baca Juga

Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...
MI/Benny Bastiandy

Angin Kencang Terjang Cianjur, Pohon-Pohon Tumbang

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:11 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, diterjang angin kencang, Sabtu (4/1) pagi. Di sejumlah wilayah dilaporkan terjadi pohon...
MI/Haryanto-HO

Ganjar Rencana Naikan Nominal Bantuan KJS Lagi

👤Haryanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:10 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menaikan nominal bantuan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) sebanyak Rp1,4 juta. Ganjar pun berencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya