Minggu 15 Januari 2023, 11:05 WIB

Status Dieng Naik, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Lebih Waspada

Tosiani | Nusantara
Status Dieng Naik, Masyarakat dan Wisatawan Diminta Lebih Waspada

MI/Lilik Darmawan
Sejumlah wisatawan tengah menikmati wisata Kawah Sikidang lewat Jembatan Kayangan di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah (Jateng) beberapa wak

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Wonosobo, Jawa Tengah mengimbau masyarakat dan wisatawan agar berhati-hati dan lebih waspada. Menyusul adanya peningkatan status Pegunungan Dieng dari semula level 1 atau normal menjadi level II atau waspada.

Peningkatan status ini menurut Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Triyono, ditetapkan sejak Jumat (13/1) Malam sekitar pukul 23.00 wib.

"Kami mengimbau kepada seluruh warga dan wisatawan agar berhati-hati dan lebih waspada. Terutama untuj tidak mendekat ke titik-titik atau area yang sudah kami tentukan karena berbahaya,"kata Bambang, Minggu (15/1/2023).

Sebelumnya, menurut Bambang, sejak 9 Januari lalu hingga saat ini beberapa kali masih terjadi aktivitas kegempaan ringan. Kemudian, pada Jumat (13/1) pukul 18.45 wib terjadi gempa dengan kedalaman 3,4 skala richter. Gempa yang relatif cukup besar inilah yang mendorong adanya peningkatan status Pegunungan Dieng menjadi level waspada.

"Kami berkoordinasi untuk memantau Dieng, mengecek lokasi yang berpotensi mengeluarkan gas beracun, sepwrti Kawah Sikidang dan Sikendang. Sampai saat ini kondisinya masih aman. Namun warga dan wisatawan tetap hati-hati untuk tidak mendekat ke area yang berbahaya,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Hujan Lebat di sebagian Wilayah Indonesia

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Ada Festival Imlek, Ruas Jalan Menuju Pecinan di Denpasar Ditutup

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:26 WIB
Festival Imlek Bersama merupakan rangkaian acara peringatan Tahun Baru Imlek yang digelar oleh Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Bali,...
Ist

Iluni UI Bangun Antara untuk Warga Korban Gempa Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:15 WIB
Pada Kamis (26/1), pembangunan hunian sementara yang disebut Antara mulai dilaksanakan di Kampung Sirnagalih, Desa Benjot, Kecamatan...
DOK/FORUM MILENIAL NUSANTARA

Hadapi IKN Nusantara, Generasi Milenial di Kaltim Diingatkan untuk Bersiap Diri

👤Media Indonesia 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 21:05 WIB
Mulai sekarang, para mahasiwa sudah harus menyiapkan diri dengan baik, bekerja keras dan terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya