Jumat 13 Januari 2023, 14:30 WIB

Perbaikan Layanan dan Kolaborasi Jangkau Perlindungan Sosial di Sumsel

Dwi Apriani | Nusantara
Perbaikan Layanan dan Kolaborasi Jangkau Perlindungan Sosial di Sumsel

MI/Dwi Apriani
Herman Deru, Gubernur Sumsel melihat langsung wajah baru kantor pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang, Kamis (12/1/2023)

 

SEBAGAI upaya memastikan masyarakat Sumatra Selatan sudah terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, perlu adanya peranan pemerintah daerah dan stakeholder yang ada di wilayah tersebut. Apalagi belum semua pekerja sektor formal maupun informal yang tercover program perlindungan sosial.

Hal itu pula yang selalu disosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek, dengan menggandeng pemda dan juga menggalakkan peran serta perusahaan yang ada di Sumsel. Seperti yang dilakukan Pemprov Sumsel dimana adanya CSR inisiasi dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang sebanyak 5.000 tenaga kerja dan juga RS Hermina sebanyak 2.022 tenaga kerja untuk pekerja rentan yang telah terlindungi ke dalam program BPJamsostek

"Kami berharap adanya peran serta pemda dan stakeholder seperti ini terus berlanjut dan juga menyentuh pemda lain di 17 kabupaten/kota di Sumsel. Dengan adanya bantuan serta peran serta mereka ini maka akan sangat membantu masyarakat dalam memberikan perlindungan jaminan sosial, khususnya pekerja rentan," ujar Eko Purnomo, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Sumbagsel, kemarin.

Diakuinya, kerjasama dan koordinasi dengan Pemprov Sumsel sejauh ini sudah sangat baik. Bahkan Pemprov Sumsel membantu melalui upaya menggerakkan perusahaan agar mengucurkan CSR perusahaan untuk membantu meringankan iuran kepesertaan pekerja informal di Sumsel. Sepanjang 2022, peran serta dari Pemprov Sumsel dan juga perusahaan sangat besar.

Adapun kegiatan penyerahan bantuan CSR atas inisiasi Pemprov Sumsel sebelumnya telah dilaksanakan sebanyak tiga kali yaitu perlindungan kepada anggota PHDI 300 tenaga kerja, perlindungan kepada ustadz dan ustadzah se-kota Palembang sebanyak 1.000 tenaga kerja serta perlindungan kepada pedagang pasar 16 Ilir sebanyak 1.000 tenaga kerja.

"Dan hari ini akan diserahkan simbolis kartu peserta untuk perlindungan sebanyak 5.000 tenaga kerja.  Kami percaya dengan dukungan Pemprov Sumsel dan perusahaan ini juga dapat mewujudkan Sumsel maju untuk semua," ucapnya.

Tak hanya fokus pada orientasi meningkatkan kepesertaan, BPJamsostek juga meningkatkan pelayanan kepada peserta. Yakni melalui perubahan wajah baru layanan BPJamsostek.

"Kami mengubah tampilan layanan kantor menjadi kekinian dan diharapkan menjadi lebih konsultatif dan kolaboratif karena tidak ada jarak antara petugas dan peserta. Perubahan ini juga bertujuan untuk menjawab tuntutan peserta yang membutuhkan layanan prima," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, pihaknya mengapresiasi  untuk jajaran BPJS Ketenagakerjaan  telah berhasil membuat para pelanggannya nyaman, melalui perbaikan sistem administrasi dan  pelayanan. "Kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dengan layanan baru ini
sebenarnya sudah dirasakan, dan kini kita mendapatkan wajah barunya di Palembang berupa perbaikan-perbaikan fasilitas dan pelayanannya, bukan hanya sitem administarasi tapi juga pelayanan dilapangan," ucapnya.

Menurutnya, perbaikan layanan  yang telah diterapkan merupakan langkah yang tepat, sebagai saran promosi BPJS KetenagaKerjaan  untuk mengajak para tenaga kerja untuk bergabung. "Perbaikan-perbaikan ini penting dilakukan, karena secara tidak langsung kita telah mempromosikan kelebihan-kelebihan yang  kita miliki," tuturnya.

Herman Deru memberikan dukungan dan apresiasi kepada  para pimpinan korporasi dan institusi negeri maupun swasta yang telah mengarahkan pekerjanya untuk  bergabung dengan  BPJS Ketenagakerjaan sebagai jaminan sosial untuk melindungi para pekerja. "Kita juga bersyukur bahwa banyak pimpinan korporasi dan institusi di Sumsel ini telah percaya dengan BPJS Ketenagakerjaan  dalam menjamin para pekerjanya," tambahnya.

Ia berharap, pihak jajaran BPJS Ketenagakerjaan  wilayah Palembang lebih agresif dalam meyakinkan para perusahaan atau institusi untuk mempercayai BPJamsostek sebagai jaminan sosial yang menjamin para pekerja. "Jaminan sosial ini memang penting bagi seluruh pekerja karena itu kita mengharapkan kesadaran para pemimpin perusahaan untuk memberikan jaminan sosial bagi pekerjanya dengan mempercayai BPJS KetenagaKerjaan," ungkapnya.

Herman Deru berharap dengan adanya wajah baru ini akan menambah semangat bagi jajaran BPJS dalam melayani konsumen."Saya yakin BPJS Ketenagakerjaan  sudah menunjukkan kinerja yang baik dan semoga pertemuan ini menjadi sasaran promosi  akan pentingnya perlindungan
ketenagakerjaan," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga

dok.ist

Burhan Zainuddin Ajak Optimalkan Kacang Mete Buton Tengah

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:30 WIB
SELAIN hasil laut, potensi hasil bumi Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara dinilai dapat terus dioptimalkan. Salah satunya hasil bumi...
Dok. Kanwil Kemenkumham Babel

Kanwil Kemenkumham Babel, Dorong Kabupaten Bangka untuk Daftarkan Kekayaan Intelektual Komunal

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:10 WIB
Dalam kunjungannya, Harun disambut langsung oleh Bupati Kabupaten Bangka Mulkan, untuk membahas optimalisasi layanan hukum dan hak asasi...
dok.ist

Bupati Harap Sail Teluk Cenderawasih Tingkatkan Ekspor Yellowfin Biak Numfor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:55 WIB
BUPATI Biak Numfor, Herry Ario Naap berharap penyelenggaraan Sail Teluk Cenderawasih 2023 di wilayahnya, dapat mengoptimalkan seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya