Jumat 30 Desember 2022, 23:13 WIB

Perbaikan Titik Longsor, Jalur Puncak-Cianjur Ditutup Sementara

Benny Bastiandy | Nusantara
Perbaikan Titik Longsor, Jalur Puncak-Cianjur Ditutup Sementara

ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Raya Puncak-Cianjur, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

 

JALUR Puncak-Cianjur, Jawa Barat, ditutup sementara, Jumat (30/12) mulai sore hingga malam karena Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) tengah melakukan pemasangan bronjong penahan tanah dan pemadatan tebing untuk mengantisipasi longsor susulan di kawasan Cijedil-Cugenang.
 
Kanit Kamsel Satlantas Polres Cianjur, Iptu I Ketut Noarsa di Cianjur, Jumat, mengatakan, penutupan arus itu untuk mengantisipasi macet total selama pemasangan bronjong agar saat malam pergantian tahun tetap dapat dilalui kendaraan dengan aman.
 
"Untuk kendaraan dengan tujuan Cipanas, Puncak, dan seterusnya diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi. Sedangkan untuk warga lokal diminta untuk menunggu sampai proses pemasangan selesai sekitar pukul 20.00 WIB, atau memilih jalur Cikalongkulon-Sukaresmi," katanya.
 
Ia menjelaskan, pemasangan bronjong dan pemadatan tebing di lokasi longsor akibat gempa di kawasan Cijedil, akan berlangsung selama empat jam, sehingga pengguna jalan diminta untuk bersabar atau memilih jalur alternatif lain menuju Cipanas-Puncak.


Baca juga: Cuaca Ekstrem, Nelayan Bengkulu Alih Profesi

 
Proses pemasangan dan pemadatan tebing agar saat dilalui kendaraan tetap aman dan tidak sampai terjadi longsor susulan karena menjelang malam pergantian tahun diperkirakan volume kendaraan yang melintas akan sangat padat.
 
"Jalur akan dibuka kembali setelah pemasangan bronjong dan pemadatan tebing tuntas dilakukan, agar saat malam pergantian tahun kendaraan yang melintas terhindar dari longsor susulan," katanya.
 
Berdasarkan pantauan hingga Jumat petang, antrean kendaraan dengan tujuan Cipanas-Puncak, terus memanjang mulai dari Jalan Dr Muwardi-By Pass, Cianjur, dan Jalan Abdullah Bin Nuh, sebagian besar pengendara mengaku tidak tahu adanya penutupan jalur.
 
"Kami pikir karena terjadi longsor lagi di Cijedil, sehingga macet panjang ternyata ada pekerjaan pengerasan tebing dan pemasangan bronjong di titik longsor. Kami hanya bisa menunggu karena mau pulang ke daerah Cibeureum-Pacet," kata pengendara tujuan Pacet-Cipanas,  Ruswandi. (Ant/OL-16)
 

 

Baca Juga

DOK.MI

Berlayar tanpa ABK, Nakhoda KM Dimas Hilang Kontak di Perairan Lebak

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 18:43 WIB
Makmur pada Senin (23/1) pukul 09.00 WIB berangkat melaut untuk mencari ikan di perairan Binuangen tanpa anak buah kapal...
MI/Haryanto

Selamatkan Lahan Kritis, Ganjar Tanam 1.500 Pohon di Area Rawan Longsor-Banjir Bandang

👤Haryanto 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:35 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, melakukan penanaman pohon di lahan kritis yang berada di Desa Nyemoh, Kecamatan Bringin, Kabupaten...
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/

Bencana Banjir dan Longsor di Manado Renggut Lima Orang

👤Naufal Zuhdi 🕔Sabtu 28 Januari 2023, 17:35 WIB
Bencana banjir di Kota Manado yang terjadi pada Jumat (27/1) dilaporkan telah merendam kurang lebih 400 rumah di 34 desa/kelurahan dan 9...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya