Selasa 27 Desember 2022, 18:19 WIB

Pertamina Siap Kirim Pasokan BBM Ke Karimunjawa

Jamaah | Nusantara
Pertamina Siap Kirim Pasokan BBM Ke Karimunjawa

ANTARA
Ilustrasi

 

PERTAMINA memastikan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) siap untuk dikirim ke Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Namun pengiriman BBM tersebut menunggu kondisi kondisi cuaca, keselamatan berlayar, dan izin berlayar.

Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho menyampaikan, kapal kami sudah memuat Pertalite 36 kiloliter dan Biosolar 90 kiloliter yang sudah siap berlayar dari Semarang menuju SPBU Karimunjawa menunggu cuaca membaik. "Namun kapal tidak dapat berangkat karena cuaca buruk dan gelombang tinggi," kata Brasto, Selasa (27/12).

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar proses pengiriman dapat segera dikirim. Tentunya pertamina terus memantau dan memonitor kondisi cuaca buruk dan gelombang tinggi di Laut Jawa. 

"Kami juga senantiasa berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai kondisi cuaca, keselamatan berlayar, dan izin berlayar. Posisi tim kapal SPOB standby 24 jam menunggu release ijin berlayar dari Syahbandar," jelasnya.

Brasto juga mengakui jika BBM bersubsidi jenis Pertalite dan Biosolar memang kini sudah menipis. Pengisian mengandalkan pengiriman kapal penyebrangan menuju pulau Karimunjawa. 

"Sudah menipis untuk Pertalite dan Biosolar di SPBU Karimunjawa. Akan terisi jika pengiriman BBM via kapal bisa dilakukan," ungkapnya.

Hingga kini ketersediaan stok BBM di Pulau Karimunjawa, Brasto menyebutkan terpantau berjumlah 2,6 kiloliter. Dalam kondisi normal dengan konsumsi 73 liter Dexlite per hari, ketahanan stok Dexlite tersebut berkisar 32 hari. "Semoga gelombang tinggi tersebut segera berakhir sehingga pasokan BBM melalui kapal bisa dijalankan," harapnya.

Sebelumnya, Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta mengakui jika stok BBM jenis pertalite terus berkurang. Jadi masyarakat Karimunjawa diminta bersabar untuk proses pengiriman BBM pertalite. Namun untuk Biosolar, katanya masih terdapat 3 ton, bisa mencukupi untuk satu minggu kedepan. (OL-15)
 

Baca Juga

Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...
MI/Benny Bastiandy

Angin Kencang Terjang Cianjur, Pohon-Pohon Tumbang

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:11 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, diterjang angin kencang, Sabtu (4/1) pagi. Di sejumlah wilayah dilaporkan terjadi pohon...
MI/Haryanto-HO

Ganjar Rencana Naikan Nominal Bantuan KJS Lagi

👤Haryanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:10 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menaikan nominal bantuan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) sebanyak Rp1,4 juta. Ganjar pun berencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya