Selasa 22 November 2022, 16:36 WIB

Ganjar Pranowo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klaten

Djoko Sardjono | Nusantara
Ganjar Pranowo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Klaten

MI/Djoko Sardjono
Gubernur Ganjar Pranowo berbincang dengan petugas instansi penyelenggara pelayanan publik di MPP Kabupaten Klaten, Selasa (22/11/2022)

 

PEMERINTAH Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, kini telah membuka Mal Pelayanan Publik (MPP) di Jalan Mayor Kusmanto, Klaten Utara. MPP dihadirkan dalam rangka peningkatan pelayanan prima di seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik di Klaten. Total ada 25 instansi pelayanan publik dengan jenis pelayanan berbeda-beda di MPP Klaten.

Peluncuran sebelum diresmikan (soft launching) MPP Kabupaten Klaten, dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo bersama Bupati Sri Mulyani, Selasa (22/11). Turut hadir dalam soft launching MPP, Wakil Bupati Yogya Hardaya, Ketua DPRD, dan Forkopimda.

Ganjar mengatakan, didirikannya MPP merupakan upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan terpadu satu pintu yang mudah, murah dan cepat serta lebih nyaman bagi masyarakat.

Selain itu, MPP juga dapat membuat sistem pemerintahan menjadi lebih transparan dan akuntabel karena dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui data-data yang ditampilkan di MPP.

"Kita mendorong seluruh kabupaten kota memiliki MPP agar pelayanannya lebih cepat dan ini mencoba mengintegrasikan. MPP bisa menjadi tempat yang bisa meng-clearence, prosesnya seperti apa, bayarnya berapa dan semua bisa ditampilkan," kata Ganjar usai launching di MPP Klaten, Selasa (22/11/2022).

Setelah melaunching MPP Klaten, Ganjar juga meninjau gedung yang masih baru itu. Di dalamnya, Ganjar menyusuri seluruh ruangan dan loket setiap instansi.

OPD dan instansi yang sudah membuka pelayanan di MPP antara lain Dishub, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), DKUKMP, Dinas Kesehatan, Bappeda Litbang, Polres, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Bank Jateng, Samsat, Jasa Raharja, BPN, BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan dan memudahkan masyarakat, Ganjar juga meminta agar setiap instansi yang ada di MPP mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi masyarakat.

"Kalau ini bisa bagus, investasi juga baik, masyarakat terlayani dengan baik. Maka perlu ada semacam call center atau Whatsapp untuk orang bisa melapor. Gedungnya cukup bagus, representatif, mudah-mudahan orang datang juga akan senang," ujar Ganjar.

Bupati Sri Mulyani dalam awal sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dinas PUPR dan Disperakim Klaten yang melaksanakan pembangunan MPP sejak 2021 dengan anggaran Rp7 miliar pada tahap I, dan Rp2,8 miliar pada tahap II.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi tinggi kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), beserta instansi yang tergabung di MPP Kabupaten Klaten atas komitmen dan partisipasinya.

"Dalam kesempatan ini, saya dan masyarakat berharap dengan kehadiran MPP Kabupaten Klaten menjadi sebuah eskalasi atas pelayanan prima di seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik di Kabupaten Klaten," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Cianjur Dirikan Mall Pelayanan Publik Mini di Selatan Dekatkan ...

Baca Juga

ANTARA/Jojon

7.302 Nakes di Palembang sudah Divaksinasi Booster Kedua

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 7.303 orang tenaga kesehatan (nakes) di Kota Palembang per 6  Desember sudah melakukan vaksinasi penguat (booster) kedua...
DOK.MI

Kejari Lombok Timur Tahan 3 Tersangka Kasus Korupsi Alsintan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:33 WIB
Tersangka ketiga tersebut berinisial AM yang berperan sebagai eksekutor pembentuk usaha pelayanan jasa alsintan (UPJA) pada dua kecamatan...
MI/Gabriel Angga

Viktor Laiskodat tidak Ingin Maju Lagi pada Pilkada 2024

👤Palce Amalo 🕔Jumat 09 Desember 2022, 23:04 WIB
Ia mengatakan apabila kepala daerah tidak bekerja serius untuk kepentingan rakyat, harus diberhentikan karena tidak layak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya