Rabu 16 November 2022, 20:40 WIB

Jokowi Tegaskan Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Rifaldi Putra Irianto | Nusantara
Jokowi Tegaskan Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

AFP
Ilustrasi

 

PRESIDEN RI Joko Widodo menegaskan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2036. Hal itu diungkapkan Jokowi dalam pernyataan resminya disela-sea kegiatan KTT G20 di Bali, Rabu (16/11).

Dalam pernyataanya, Jokowi memilih IKN Nusantara sebagai tuan rumah gelaran pesta olahraga terbesar di dunia itu. Jika hal itu terwujud, Indonesia bakal menjadi negara di kawasan Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

"Dalam kesempatan ini saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Nusantara," ucap Jokowi dalam pernyataan resminya, Rabu (16/11).

Menanggapi keseriusan Presiden Jokowi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan pihaknya bersama IOC Member Erick Thohir akan bekerja sama untuk merealisasikan arahan Presiden Jokowi untuk menjadikan IKN sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Dijelaskan Okto, pihaknya bahkan sudah bergerak cepat untuk memperlihatkan rencana pembangunan IKN dalam bentuk digital kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach. 

"Kemarin, IOC Member kita Erick Thohir dan saya sebagai Presiden NOC Indonesia juga sudah memperlihatkan rencana IKN dalam bentuk digital sebelum Thomas Bach memberikan speech pada lunch leader KTT G20. Dalam kesempatan itu, Presiden Bach juga sempat bertanya terkait fasilitas Olimpiade yang akan dibangun di sana. Mereka sangat interest," kata Okto.

"Tentu setelah ini Komite Olimpiade Indonesia akan langsung melanjutkan pekerjaan yang berkaitan dalam proses bidding Olimpiade, sehingga misi kita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade pertama di ASEAN dapat terwujud," jelasnya.

Secara terpisah, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach menyambut hangat keinginan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade 2036 di IKN Nusantara. Dalam konferensi pers di KTT G20 Bali, Bach menjelaskan, pembangunan IKN Nusantara yang memiliki model kehidupan sustainbale, serta Indonesia yang merupakan negara dengan nilai toleransi yang tinggi sangat sejalan dengan visi IOC.

"Melihat presentasi proyek Nusantara dan progres yang telah dilakukan, saya sangat kagum dengan visi Presiden Joko Widodo untuk membangun kota yang memiliki model kehidupan yang sustainable, dengan penekanan khusus pada kesehatan dan olahraga,” kata Thomas Bach.

"Indonesia juga merupakan contoh yang sangat baik tentang persatuan dalam keberagaman yang juga menjadi salah satu tujuan kami untuk menyatukan dunia. Tentu saya menerima dengan hangat tawaran itu," jelas Bach.

Atas keseriusan Indonesia, Bach pun mempersilahkan IOC Future Host Commission untuk menjalin komunikasi dengan IOC Member di Indonesia Erick Thohir dan Ketua KOI Raja Sapta Oktohari terkair project tersebut (OL-15)

Baca Juga

Ist

Di Seminar Hari HAM, LaNyalla Sebut Penjajahan Ekonomi Pelanggaran Hak Kesejahteraan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:30 WIB
Hari ini terjadi pola kolonialisme dalam bentuk baru yang menyusup melalui wajah globalisasi yang menyatu dengan oligarki ekonomi di dalam...
Ist

Smart City dan Guru 5.0, Mimpi Besar Kota Kecil Bernama Payakumbuh

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 15:26 WIB
Sejak tahun 2022 ini, seperti dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Payakumbuh telah mengambil sejumlah langkah menuju Kota...
Dok. Kemenkominfo

Begini Cara Unik Grup Komedi Empat Sekawan Sosialisasikan UU KUHP ke Masyarakat Serang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 14:43 WIB
“Kita harus bangga karena pada akhirnya, bangsa Indonesia berhasil merampungkan penyusunan RKHUP menjadi KUHP,” ungkap Nurul...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya