Rabu 02 November 2022, 13:54 WIB

Siswa SMAN 2 Balige Juara 1 Cerdas Cermat Quipper

Mediaindonesia.com | Nusantara
Siswa SMAN 2 Balige Juara 1 Cerdas Cermat Quipper

DOK Pribadi.
Ajang yang digelar Quipper itu menarik 11.320 siswa SMA/sederajat dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan jiwa kompetitif siswa.

 

KOMPETISI cerdas cermat tingkat nasional Quipper Championship 2022 berjalan lancar. Ajang yang digelar Quipper itu menarik 11.320 siswa SMA/sederajat dalam rangka meningkatkan motivasi belajar dan jiwa kompetitif siswa Indonesia. 

Babak final di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 29 Oktober menjadi acara puncak Quipper Championship 2022. Franklin Daniel Situmorang dari SMAN 2 Balige, Toba, Sumatra Utara, berhasil meraih juara 1 untuk kategori siswa dan SMAN 19 Kota Bekasi keluar sebagai juara 1 untuk kategori sekolah.

Head of Marketing Quipper Indonesia Dedy Purwanto menyampaikan Quipper Championship 2022 sebagai salah satu upaya membangkitkan semangat siswa dan guru di sekolah dalam mengejar ketertinggalan. "Dengan mengikuti kompetisi cerdas cermat Quipper Championship, kami ingin siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih giat. Selain itu, guru-guru juga bisa lebih terpacu untuk mendukung siswa-siswinya agar dapat menguji kemampuan di kompetisi seperti ini," ujar Dedy dalam keterangan tertulis, Rabu (2/11).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Tukiman, menyebut ajang cerdas cermat tingkat nasional Quipper Championship 20222 merupakan kegiatan penting sebagai salah satu pengungkit mutu pendidikan di Indonesia, khususnya DIY. "Jika kita melihat hasil dari data PISA, Indonesia masih harus berjuang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang literasi dan numerasi. Dengan Quipper Championship 2022, kami berharap dapat menjadi salah satu pengungkit untuk penguatan kemampuan literasi dan numerasi," tutur Tukiman.

Dekan FMIPA Universitas Gadjah Mada Prof. Dr.Eng. Kuwat Triyana, M.S.i. yang juga hadir dan memberi sambutan pada babak final Quipper Championship 2022 memberikan apresiasi terkait kolaborasi Quipper dan FMIPA UGM. "Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Quipper karena telah mempercayakan FMIPA UGM untuk berkolaborasi pada rangkaian Quipper Championship 2022. Kami berharap FMIPA UGM dan Quipper dapat berkolaborasi dalam jangka panjang," tutur Kuwat.

Quipper juga membuka kesempatan menonton langsung bagi pelajar di Yogyakarta dan sekitarnya pada babak final. Selain itu, ada kesempatan mengikuti tur kampus UGM ke tiga fakultas yaitu FMIPA, FK, serta FEB secara gratis. Adapun pemilihan UGM sebagai tempat penyelenggaraan babak final Quipper Championship 2022 lantaran terletak di Kota Pelajar Yogyakarta. Daerah ini terdapat pusat-pusat pendidikan.

Rangkaian Quipper Championship 2022 terbagi atas beberapa babak, yakni penyisihan pada 4-7 Oktober dan semifinal pada 13-14 Oktober. Keduanya dilaksanakan secara daring. Babak final pada 29 Oktober yang digelar secara luring di UGM, Yogyakarta. Materi yang ada dalam kompetisi ini meliputi beberapa mata pelajaran di antaranya Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum yang terdiri dari 25 soal pada masing-masing mata pelajaran. Pada babak final Quipper Championship 2022, lima finalis yang beradu kecerdasan berasal dari sekolah di berbagai daerah di Indonesia, yakni SMAN 2 Balige, SMAN 1 Karawang, SMAN 5 Gowa, SMAN 2 Bantul, dan SMAN Bali Mandara.

Seluruh finalis baik siswa maupun sekolah yang berhasil masuk ke babak final Quipper Championship berhak mendapatkan tabungan dan bantuan pendidikan dari Quipper dengan nilai total keseluruhan mencapai Rp35 juta. Pemenang kategori siswa, Franklin Daniel Situmorang, yang datang dari Balige, Sumatra Utara, mengungkapkan rasa syukurnya menjadi pemenang juara pertama. "Saya tidak pernah menyangka bisa lolos tahap demi tahap lalu menjadi pemenang. Bagi saya, mengikuti kompetisi Quipper Championship 2022 membuat saya lebih semangat dan berani mengambil kesempatan serta resiko. Kalah menang itu biasa, yang penting saya sudah mencoba. Saya juga selalu memotivasi diri sendiri bahwa saya tidak pernah kalah, saya akan memenangkannya atau menjadikannya pelajaran," ungkap Franklin.

Motivasi dan semangat berkompetisi seperti ini yang diharapkan terus berkobar di hati para pelajar Indonesia. Dedy Purwanto, Head of Marketing Quipper Indonesia, menyampaikan hadiah tabungan pendidikan merupakan bentuk apresiasi sekaligus penjaga semangat siswa agar dapat terus mengukir prestasi ke depan. "Quipper berharap tabungan pendidikan ini dapat menjaga semangat belajar siswa dan ukir prestasi. Sementara untuk pemenang sekolah, bantuan pendidikan dapat bermanfaat untuk pelaksanaan pembelajaran di sekolah," ujar Dedy. Rangkaian kegiatan Quipper Championship 2022 turut didukung Grab yang memberikan apresiasi terhadap lima pemenang untuk kategori siswa dalam bentuk saldo OVO. (OL-14)

Baca Juga

MI/HO

Paramitha DPR Kawal Pemasangan Listrik Baru di Brebes

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 22:49 WIB
Pemerintah merencanakan bantuan pasang baru listrik 2022 kepada 1.086 rumah warga miskin di Brebes, Jawa...
Dok. Peradi

Peradi Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 21:54 WIB
Hal ini merupakan satu misi peduli kemanusiaan dari para pengurus dan advokat anggota Peradi yang tersebar di berbagai wilayah di Tanah...
Medcom

Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Jateng Hingga Tiga Hari Kedepan

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 30 November 2022, 21:24 WIB
CUACA ekstrem berpotensi terjadi di beberapa wilayah di Jawa Tengah hingga tiga hari ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya