Jumat 16 September 2022, 09:30 WIB

Srikandi Ganjar Jawa Timur Rayakan September Berbudaya di Sidoarjo

mediaindonesia.com | Nusantara
Srikandi Ganjar Jawa Timur Rayakan September Berbudaya di Sidoarjo

dok.ist
Perhelatan Candi Dermo Culture Fest yang mengusung tema “September Berbudaya Bersama Srikandi Ganjar”, Kamis malam (15/9)

 

SEGENAP relawan Ganjar Pranowo di Jawa Timur punya cara kreatif dalam mengkampanyekan kesetaraan gender. Salah satunya dengan kegiatan Candi Dermo Culture Fest yang mengusung tema “September Berbudaya Bersama Srikandi Ganjar”

Arak-arakan karnaval budaya nusantara yang dimulai pada malam hari tersebut dipadati oleh sekitar 1.200 warga di kawasan Candinegoro, Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Para peserta karnaval yang merupakan perwakilan dari kaum perempuan tampak semangat mengikuti kegiatan tersebut.

“Masyarakat terutama kaum perempuan muda sangat aktif dan semangat mengikuti seluruh rangkaian prosesi festival ini. Mereka punya kreativitas dalam mengekspresikan diri dengan penampilan nyentrik selama karnaval berlangsung,” ujar Ketua Koordinator Srikandi Ganjar Wilayah Jawa Timur, Cindy Maghriza, saat ditemui dalam kegiatan Candi Darmo Culture Fest, kemarin.

Menurut Cindy, banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat, terutama perempuan, dalam melestarikan budaya. Salah satunya dengan festival budaya tersebut.  "Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Srikandi Ganjar terhadap pelestarian budaya bangsa yang semakin hari kian terkikis budaya luar," ujar Cindy.

Cindy mengajak semua perempuan untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan sebagai identitas bangsa Indonesia. "Dengan dilakukannya berbagai kegiatan, seperti karnaval dan fashion show bernuansa budaya nusantara, kami berharap agar perempuan dapat berkontribusi dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa budaya itu tidak hanya dilestarikan, tapi perlu dikembangkan sesuai dengan amanat dari Pak Ganjar Pranowo," tambahnya.

Selama ini, Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang memberikan perhatian khusus kepada pemberdayaan perempuan dan pengembangan budaya bangsa. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang diraihnya. Salah satunya adalah Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang berhasil diraih Jawa Tengah selama empat tahun berturut-turut.

"Dengan catatan tersebut, wanita lebih punya ruang untuk berkarya dan ditempatkan pada posisi strategis dalam menentukan kebijakan baik dalam kedudukannya sebagai karyawan maupun mengembangkan usahanya secara mandiri. Jadi, perempuan bukan hanya melakukan pekerjaan rumah tangga saja," tambah Cindy.

Dalam konteks pelestarian budaya, Ganjar kerap memberikan apresiasi kepada daerah dan perusahaan yang menanamkan praktik-praktik pelestarian budaya. Apresiasi diberikan untuk mendorong penguatan identitas bangsa dan kesadaran untuk melestarikan budaya nusantara.

"Pak Ganjar sendiri selama ini kerap memberikan apresiasi kepada daerah, masyarakat bahkan perusahaan yang mengedepankan praktik pelestarian budaya. Hal tersebut dirasa penting karena ketika budaya tersebut berkembang, maka banyak pertumbuhan ekonomi yang maju di sekitarnya," tambahnya.

Cindy berkomitmen untuk terus mengkolaborasikan dua kekuatan, perempuan dan kebudayaan. Ke depan, sosialisasi oleh Srikandi Ganjar akan terus berlanjut.

Candi Dermo Culture Fest ditutup dengan pembagian hadiah karnaval kepada desa terunik dan hadiah fashion show kepada perempuan dengan kostum dan penampilan terbaik. (OL-13)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Lantik Pengurus Babel, Rampai Nusantara Buka Posko Pengaduan BLT

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:04 WIB
Selain sektor pariwisata, Negeri Serumpun Sebalai itu memiliki kekayaan alam melimpah yakni sektor pertambangan yang akan sangat memacu...
MI/Supardji Rasban

Ratusan Peserta Dari Berbagai Daerah Ramaikan Lomba Layang Adu di Tegal

👤Supardi Rasban 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 20:59 WIB
AJANG lomba adu layang-layang Wali Kota Tegal Cup 2022 digelar di Lapangan Kelurahan Debong Tengah, Sabtu...
ANTARA

Lamongan Optimis Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

👤M Yakub 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 20:38 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur, optimistis bisa menerapkan Kurikulum Merdeka di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya