Kamis 01 September 2022, 14:15 WIB

Harga Telur di Tasikmalaya Masih Bertahan di Rp32 ribu/kg

Adi Kristiadi | Nusantara
Harga Telur di Tasikmalaya Masih Bertahan di Rp32 ribu/kg

dok.ant
Harga telur ayam di pasar tradisional di Tasikmalaya, Jabar masih bertahan tinggi di Rp32 ribu/kg dari semula Rp19 ribu/kg.

 

HARGA kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota/Kabupaten Tasikmalaya sejak beberapa pekan terakhir merangkak naik. Seperti telur, daging sapi, bawang merah dan cabai merah.

Salah seorang pedagang di pasar Pancasila, Tasikmalaya, Sobihin, 44, warga Bebedahan, mengatakan, kebutuhan bahan pokok di sejumlah pedagang mengalami kenaikan. Misalnya telur ayam ras semula dijual seharga Rp19 ribu menjadi Rp 32 ribu per kg hingga beberapa pekan lalu menembus angka Rp34 ribu per kg.

"Kebutuhan telur di sejumlah pasar tradisional di wilayah Tasikmalaya 70% dipasok dari luar daerah, hanya 30 persen dari di Kota, Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Garut. Fluktuasi harga menjadi beban bagi pedagang dan pembeli, karena beberapa pasokan di pasar semakin menipis dan sebagian pedagang tidak berjualan," kata Sobirin, Kamis (1/9/2022).

Kenaikan telur sampai saat ini di Tasikmalaya bertahan diangka Rp32 ribu per kg. Beberapa komoditas bahan pokok mulai mengalami penurunan, sepeti cabai merah semula dijual Rp85 ribu menjadi Rp 75 ribu perkg, cabai rawit merah Rp55 ribu, cabai merah lokal Rp 60 ribu, cabai merah TW Rp65 ribu perkg.

Sementara itu, Reni, 33, warga Kecamatan Tawang, mengatakan, harga telur belum mengalami penurunan dan masih bertahan diangka Rp32 ribu per kg. Untuk eceran di warung dijual Rp2.500/butir. Kondisi ini jelas memberatkan bagi keluarganya karena penghasilan suami tetap. Telur sumber protein bagi dirinya yang memiliki anak kecil.

"Mahalnya telur ayam jelas memberatkan, biasanya anak-anak saya bawakan bekal makan ke sekolah dengan lauk telur ayam. Hemat dan bergizi, sekarang bingung kami," kata Reni. (OL-13)

Baca Juga: Harga Telur Ayam di Klaten Masih Tinggi, Harga Komoditas Lainnya ...

Baca Juga

dok.ist

Komunitas Nelayan Pesisir di Takalar Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:52 WIB
KOMUNITAS Nelayan Pesisir Kabupaten Takalar mengkonsolidasi dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024 di Desa Lakatong, Mangarabombang,...
dok.ist

Tokoh Adat Papua Kutuk Pelaku Korupsi yang Lecehkan Hak Rakyat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:44 WIB
DUKUNGAN kepada KPK untuk memberantas korupsi di wilayah Papua terus berdatangan. Kali ini disuarakan oleh tokoh adat Sentani, Boas Assa...
MI/DENNY SUSANTO

Kopi Lokal Kalsel, di Antara Antusias Petani dan Kendala Birokrasi

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 11:10 WIB
Komoditas kopi ini sedang naik daun dan generasi muda cukup antusias mempelajari bisnis kopi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya