Selasa 16 Agustus 2022, 16:32 WIB

Sambut HUT RI, Sleman Bebaskan Retribusi Kaliurang dan Kaliadem

Agus Utantoro | Nusantara
Sambut HUT RI, Sleman Bebaskan Retribusi Kaliurang dan Kaliadem

MI/Suryani W
Tempat wisata Kaliadem

 

DINAS Pariwisata Kabupaten Sleman membebaskan retribusi masyk ke kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem. Hal itu merupakan bagian dari perayaan hari ulang tahuv (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang jatuh pada Rabu (17/8).

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang mengatakan pembebasan retribusi itu diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan di Kawasan Wisata Kaliurang maupun di Kaliadem. Bahkan, di Kaliurang akan diselenggarakan Gelar Budaya Kaliurang dan upacara bendera yang diikuti oleh sekitar 130 pelaku pariwisata di Kaliurang dan sekitarnya.

"Para peserta upacara akan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah," kata Aris, Selasa (16/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Plt Kepala Dinas Pariwisata Sleman Suparmono yang akan mengenakan pakaian daerah Nusa Tenggara Timur. Tempat upacara dipilih destinasi yang relatif baru yaitu Nawang Jagad di daerah Kaliurang Barat. Khusus untuk mangayu bagyo HUT ke-77 RI pada hari Rabu (17/8), retribusi masuk kawasan Wisata Kaliurang dan Kaliadem dibebaskan.

"Harapan kami event bersama ini akan mendapat apresiasi dari masyarakat luas dan sekaligus menjadi media promosi destinasi pariwisata Kaliurang dan Kaliadem," imbuh Aris.

Baca juga: Monas Tutup Guna Persiapan HUT ke-77 RI

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Rini Wahyu Hestari menjelaskan, rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI tersebut diawali dengan upacara bendera, dilanjutkan dengan Flashmob Tari Badui oleh peserta upacara. Tari Badui dipilih karena merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman, yang akan dikemas menjadi seni pertujukan dan dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung.

Penampilan Tari Badui merupakan kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari Jaban Tridadi Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari Cangkringan. Secara terpisah, Ketua Forum masyarakat Kaliurang (Formak) Farchan Hariem mengatakan event bersama dari seluruh pemangku kepentingan pariwisata Kaliurang merupakan media bersama dalam mensyukuri Kemerdekaan RI sekaligus menjadi momentum para pelaku pariwisata untuk bangkit memulihkan ekonomi.

Pada kesempatan peringatan HUT RI besok, lapisan masyarakat khususnya pelaku pariwisata Kaliurang juga antusias mengikuti upacara dengan pakaian daerah.

KA Bandara Tambah Jadwal Perjalanan

Bertepatan dengan HUT RI, KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan menambah jadwal perjalanan menjadi 24 kali perjalanan per hari.

"Guna memenuhi animo dan permintaan masyarakat, kami akan menambah jadwal perjalanan menjadi 24 kali perjalanan per hari, dari yang semula 20 kali perjalanan setiap harinya," kata Direktur Utama PT Railink Anggoro Triwibowo.

Penambahan frekuensi perjalanan KA Bandara YIA menjadi 24 kali perjalanan ini tidak mengubah harga tiket yakni tetap Rp20.000 per orang untuk sekali perjalanan.

"Harga tiket masih tetap sama yaitu Rp20.000 untuk relasi Stasiun KA Bandara Yogyakarta-Stasiun KA Bandara YIA atau sebaliknya, relasi Stasiun KA Bandara YIA-Stasiun Wates maupun sebaliknya. Sedangkan untuk relasi Stasiun KA Bandara Wates-Stasiun KA Bandara Yogyakarta atau sebaliknya adalah Rp10.000," ungkap Anggoro.

Tiket KA Bandara YIA dapat dibeli melalui seluruh kanal pembelian tiket baik secara online maupun offline. Pembelian secara online di aplikasi KA Bandara, Website Railink, dan KAI Acces, sedangkan pembelian secara offline dapat dilakukan di vending machine, meja informasi pada stasiun-stasiun KA Bandara dengan metode pembayaran secara tunai dan nontunai.(OL-5)

Baca Juga

dok.ant

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,...
DOK/PERSIS

Persatuan Islam Gelar Muktamar ke XVI, Ridwan Kamil Suntikkan Semangat Memaslahatkan Umat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:20 WIB
Selain merumuskan program kerja organisasi, melalui kegiatan inipun diharapkan jalinan kekerabatan di antara pengurus semakin...
DOK/LPPM ITB

LPPM ITB Meluncurkan AR Bahasa Isyarat, Dukung Kopi Saa-Cafein Cafe Inklusi

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:10 WIB
Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari perayaan hari Bahasa Isyarat pada 23 September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya