Jumat 12 Agustus 2022, 19:01 WIB

Sungai Bintunan Bengkulu Tercemar Minyak Mentah

Feri Jaya Saputra (MGN), Narendra Wisnu Karisma (SB) | Nusantara
Sungai Bintunan Bengkulu Tercemar Minyak Mentah

MGN/Feri Jaya Saputra
Sungai Bintunan Bengkulu Tercemar Minyak Mentah

 

WARGA Desa Lubuk Banyau, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara, dikejutkan dengan tumpahan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) di Sungai Bintunan. Akibat pencemaran ini, permukaan sungai berubah warna menjadi kuning dan mengeluarkan bau tidak sedap. 

Camat Padang Jaya Maman Suherman menduga cairan berwarna kuning ini diduga berasal dari limbah CPO dari salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang lokasinya tidak jauh dari Desa Lubuk Banyau.

Baca juga: Kasus Mayat Dalam Kardus Di Demak, Penyebab Kematian Cekikan dan Kekerasan

"Info yang kami terima penyebabnya berasal dari kolam penampungan CPO yang meluap karena ada salah satu pipa yang tersumbat," ujar Maman, Jumat (12/8/2022).

Namun, Maman belum berani memastikan cairan tersebut merupakan minyak mentah atau limbah pabrik CPO. Ia akan meminta Dinas Lingkungan Hidup Bengkulu Utara untuk memastikan zat yang terkandung dalam cairan minyak tersebut. 

"Faktanya memang ada semacam cairan menyerupai minyak di Sungai Bintunan. Untuk lebih memastikan saya sudah memanggil pihak dinas terkait untuk mengambil sampel cairan yang ada di sungai agar dilakukan uji laboratorium," terangnya.

Baca juga: Keluarga Alumni Universitas Pancasila Gelar Pancasila Expo 2022

Mencegah pencemaran semakin meluas, Maman sudah meminta perusahaan terkait untuk segera membersihkan tumpahan CPO tersebut agar tidak mengganggu keseharian warga yang menggantungkan air bersih dari sungai.

Diketahui, Sungai Bintunan merupakan satu-satunya sumber air bersih bagi warga desa di Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Masyarakat memanfaatkan air sungai ini untuk minum, mencuci pakaian dan mandi. (Ren/A-3)

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Kemendikbud Ristek Tetapkan Batik Salem Brebes Warisan Budaya Tak Benda 2022

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:30 WIB
Batik Salem melengkapi dua prestasi Brebes sebelumnya yang sudah ditetapkan sebagai WBTB, yaitu telor asin dan Ritual...
DOK.MI

Tiga Mahasiswa Kediri Tewas Tenggelam di Pantai Lombok Utara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:20 WIB
Kelima korban merupakan bagian dari rombongan mahasiswa baru STAI Al-Amin Kediri yang sedang melakukan kegiatan di Pantai Klui Kabupaten...
MI/NAVIANDRI

Hendrik Lawrence Lukman Gelar Pameran Tunggal di Bandung

👤Naviandri 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:10 WIB
Karya-karya Hendrik Lawrence Lukman tidak hanya bermuara pada persoalan eksotika tubuh terkait...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya