Kamis 11 Agustus 2022, 21:33 WIB

Pemkab Indramayu Bertekad Wujudkan Zero Stunting

Nurul Hidayah | Nusantara
Pemkab Indramayu Bertekad Wujudkan Zero Stunting

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Indramayu, Jawa Barat melakukan berbagai upaya untuk menurunkan angka stunting. Saat ini, angka stunting di Indramayu telah mengalami penurunan cukup signifikan.   

Bupati Indramayu, Nina Agustina Da'i Bachtiar menyatakan pada 2019 lalu angka stunting di Indramayu menembus angka 29,62 persen. Namun berkat kerja keras semua pihak, pada 2021 angka stunting bisa diturunkan hingga berada di angka 14,4 persen.

"Selanjutnya kami tetap berikhtiar mencatatkan sejarah sebagai daerah yang zero new stunting," tutur Nina, Kamis (11/8).

Penurunan angka stunting di Kabupaten Indramayu salah satunya karena dibentuk Tim Gesit. Tim yang melibatkan unsur kesehatan, seperti petugas gizi, petugas kesehatan lingkungan, bidan desa, kader pembangunan manusia dan penggerak PKK ini dibentuk mulai dari tingkat desa hingga kabupaten untuk memetakan kasus stunting dan penanganannya.

Selain itu, seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang memiliki program sama dilibatkan secara terpadu. Mulai dari anggaran, perencanaan hingga kebijakan stunting yang ada di seluruh OPD dijadikan satu. Tim Gesit dibentuk untuk mempermudah koordinasi dan penanganan kasus stunting di Indramayu dari hulu ke hilir. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Dana KUR Sebanyak Rp44,98 Triliun Mengalir ke Jawa Tengah

👤Haryanto 🕔Selasa 27 September 2022, 15:17 WIB
Dukungan dana dari pemerintah pusat melalui dana transfer ke daerah, dan dana desa (TKDD) masih mendominasi sumber pendanaan di wilayah...
dok.ant

Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk Rappokalling hancurkan 31 Rumah

👤Lina Herlina 🕔Selasa 27 September 2022, 12:00 WIB
SETIDAKNYA 31 rumah warga di kawasan padat penduduk di Jalan Rappokalling Timur, Kelurahan Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar,...
DOK/PERSIS

Persatuan Islam Gelar Muktamar ke XVI, Ridwan Kamil Suntikkan Semangat Memaslahatkan Umat

👤Bayu Anggoro 🕔Selasa 27 September 2022, 11:20 WIB
Selain merumuskan program kerja organisasi, melalui kegiatan inipun diharapkan jalinan kekerabatan di antara pengurus semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya