Kamis 11 Agustus 2022, 15:56 WIB

Wapres Tegaskan Pesantren Harus Jadi Offtaker Pemberdayaan Ekonomi Umat

Denny Susanto | Nusantara
Wapres Tegaskan Pesantren Harus Jadi Offtaker Pemberdayaan Ekonomi Umat

MI/DENNY S
Wapres Maruf Amin saat meninjau stan produk pesantren pada kegiatan OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 di Banjarbaru, Kamis (11/8).

 

WAKIL Presiden RI KH Maruf Amin menegaskan agar pesantren dapat menjadi pengambil alih (offtaker) dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat.

Hal ini ditegaskan Wapres saat saat membuka acara One Pesantren One Product (OPOP) Kalimantan Selatan Expo 2022 di Lapangan dr Murjani Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Kamis (11/8).

Menurutnya, pemberdayaan ekonomi merupakan bentuk tanggung jawab umat dalam memakmurkan bumi. Seperti dalam bidang industri, pertambangan, perdagangan, maupun pertanian, melalui program OPOP.

Oleh karena itu, Maruf mengatakan, pesantren harus dapat menjadi offtaker agar program OPOP dapat menghasilkan produk-produk terbaiknya dalam upaya mendorong pengembangan sektor ekonomi rakyat.

"Offtaker, membuat produk, membeli, menjual, sehingga proses produksi terus berjalan. Ini saya kira yang ingin kita bangun," tegas Wapres.

Selain itu, pesantren juga harus menjadi penghubung antara pelaku usaha dan pasar sehingga pemberdayaan masyarakat dapat berjalan secara berkelanjutan.


Baca juga: Wapres Amin Resmikan OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022


Di akhir sambutannya, Wapres berpesan agar program OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 dapat menjadi inspirasi bagi pengembangan OPOP di daerah lain. Sehingga, kemandirian umat dan manfaatnya bagi masyarakat dapat terimplementasi dengan baik.

"Kita harapkan bermula dari program ini, akan betul-betul tercipta kemandirian ekonomi pesantren dan kemanfaatan bagi umat," pungkasnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan dukungan jajaran pemerintah daerahnya dalam menyukseskan program OPOP yang diharapkan dapat mendorong seluruh pesantren berlomba-lomba menghasilkan produk terbaiknya.

Pembukaan OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022 ditandai dengan peninjauan sejumlah stan produk unggulan pesantren oleh Wapres didampingi Gubernur Kalsel dan rombongan lainnya.

Usai membuka OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022, Wapres yang didampingi Hj Wury Maruf Amin dan rombongan berkesempatan meninjau kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat di Posyandu Kenanga, Kelurahan Loktabat Selatan, Kecamatan Banjarbaru Selatan. (OL-16)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya