Sabtu 06 Agustus 2022, 12:05 WIB

Epiroc Ajak Pengusaha Tambang Bertranformasi ke Digital dan Komit pada Sustainability

Mediaindonesia.com | Nusantara
Epiroc Ajak Pengusaha Tambang Bertranformasi ke Digital dan Komit pada Sustainability

Dok.Epiroc
Para pembicara dalam diskusi di acara gala dinner bertajuk 'ROCvolution, Revolutionize Your Mining Experience pada Jumat (5/8) malam.

 

DIGITALISASI adalah sebuah keniscayaan saat ini. Hampir semua sektor telah bertransformasi ke digital. Pemerintah pun mendorong semua pelaku usaha untuk beralih ke digital.

Itu sebabnya Epiroc berharap para pelaku bisnis di industri pertambangan dan mineral dapat lebih berkolaborasi dalam penerapan konsep transformasi digital dan automasi yang berefek pada peningkatan aspek keselamatan, produktivitas dalam keberlangsungan industri pertambangan yang berkelanjutan SmartROC.

Baca juga: Inilah Keahlian Digital yang Berguna di Era Transformasi

“SmartROC D65 yang dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi dan automasi berkelas dunia yang kami sebut dengan 6th sense telah mengambil peran penting dalam perubahan industri pertambangan di  Indonesia khususnya dalam teknologi pemboran,” kata Direktur PT Epiroc Southern Asia, Stephan Ketteler dalam acara gala dinner bertajuk 'ROCvolution, Revolutionize Your  Mining Experience pada Jumat (5/8) malam di Grand Ballroom JS Luwansa Hotel.

Melalui acara ini, Epiroc ingin  berbagi informasi, berkolaborasi bersama para pelaku bisnis pertambangan dan juga disaat yang sama ingin mendengar suara dari para pelanggan kaitannya dengan komitmen Epiroc dalam mengedepankan automasi dan digitalisasi sebagai nilai tambah dalam setiap product yang dihasilkan.

Dalam kesempatan itu, Epiroc juga memperkenalkan generasi terbaru dari seri mid range blast hole DM30  yaitu DM30 XC yang dirancang dengan meningkatkan beberapa fitur pada DM30 seri II sebelumnya dalam  peningkatan keselamatan, efektivitas dan efisiensi pemboran blast hole.

DM30 XC menghadirkan fitur digitalisasi dan automatsi yang presisi dan akurat seperti EARS (Electronic Air  Regulation System) yang menghasilkan penggunaan bahan bakar yang rendah, kemampuan pemboran single pass sampai 11 meter tanpa melakukan penyambungan pipa, Rig Control System (RCS) Lite yang  dapat mengintegrasikan berbagai informasi baik dari sisi efektivitas pemboran, kesehatan mesin pemboran, consumable tracking, measured while drilling, sampai dengan sistem pelaporan di Surface Manager.

“Setelah sukses dengan DM30 II,  Epiroc meluncurkan DM30 XC, seri terbaru yang adalah product terbaik dalam memberikan kinerja mesin  bor yang reliable, footprint yang kecil, konsumsi bahan bakar rendah dan dilengkapi dengan teknologi automasi dan digitalisasi untuk memberikan total biaya pemboran seminimal mungkin," kata Epiroc Global DM Product Manager, Yara Hussein.  

Pit Viper merupakan salah satu legendary product Epiroc yang telah beroperasi lebih dari ratusan unit di seluruh dunia di berbagai komoditas baik itu batubara maupun mineral. Epiroc memiliki seri terbaru dari Pit Viper, yakni PV291 yang mempunyai berbagai fitur yang canggih baik secara mechanical, electrical, maupun automasi dan digitalisasi di antaranya single pass capability sampai dengan 18 meters,  6th sense feature baik itu Autolevel, Auto Drill, TeleREMOTE, High Precision GPS Hole Navigation System yang mendukung machine and process automation, dan juga sistem pelaporan yang terintegrasi di Surface Manager dan Mobius.

“PV291 mempunyai DNA yang diwariskan dari seri legendaris PV270. Dirancang untuk memaksimalkan ukuran lubang sampai  12.25” dengan tetap menjaga 'footprint' kecil yang memudahkan customer kami dalam mencapai batas operasional yang lebih jauh. Dan ketika dipasangkan dengan kemampuan automasi dan kontrol jarak jauh  yang juga dimiliki Epiroc, kustomer dapat mencapai produktifitas tertingginya," tambah Epiroc Global Product Line Manager of Blast Hol, Adrian Speer.    

Dalam perkembangannya, Epiroc tidak hanya fokus dalam kemajuan automasi dan digital, namun juga  dalam menyikapi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM). Epiroc telah meluncurkan inovasi underground  equipment dengan tenaga listrik menggunakan teknologi baterai untuk mengganti bahan bakar dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pengurangan emisi karbondioksida dunia, seperti seri dari unit Epiroc Boomer, Scooptram, dan Minetruck.

Sesuai dengan 'Epiroc Goals 2030 for Planet and People', Epiroc berupaya untuk meningkatkan keselamatan, keberagaman, dan keberlanjutan dengan menawarkan salah satu produk inovasi bebas emisi, yaitu baterai sebagai opsi penyimpanan energi untuk diaplikasikan pada unit. Peralihan dari  penggunaan bahan bakar mesin menjadi baterai merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untukmewujudkan kelestarian lingkungan dan pengurangan emisi. (RO/A-1)

Baca Juga

DOK MI

Bangka Barat Di Kepung Titik Panas

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:45 WIB
TITK panas (hotspot) yang diduga berasal dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bangka Belitung (Babel) kembali...
MI/Andri Widiyanto

Dapar Remisi HUT Kemerdekaan ke 77, 36 Napi di Babel Langsung Bebas

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:21 WIB
SEBANYAK 36 Narapidana di Provinsi Bangka Belitung (Babel) bebas setelah  mendapatkan remisi peringatan HUT Kemerdekaan RI...
dok.ist

Pesisir Sulsel Terus Menularkan Aspirasi Ganjar untuk 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:08 WIB
JARINGAN Komunitas Pesisir Sulawesi Selatan terus melebarkan sayap. Kini mereka hadir di desa Bonto Bahari, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya