Jumat 10 Juni 2022, 10:00 WIB

Pada 1-7 Juli Sumsel Jadi Tuan Rumah Fornas VI

Dwi Apriani | Nusantara
Pada 1-7 Juli Sumsel Jadi Tuan Rumah Fornas VI

MI/Dwi Apriani
Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya

 

SEBANYAK 55 induk organisasi olahraga bakal dipertandingkan dalam Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI pada 1-7 Juli 2022 mendatang. Fornas ini akan diselenggarakan di Sumatra Selatan, tepatnya di Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir sebagai tuan rumah.

Wakil Gubernur Sumatra Selatan Mawardi Yahya mengatakan, menjadi kebanggaan aat Sumsel ditunjuk sebagai tuan rumah Fornas. "Nantinya even ini akan diikuti oleh 10.000 peserta dengan 55 inogra dan 10 exhibisi selama tujuh hari pelaksanaan," ucapnya, kemarin.

Ia menyebutkan, dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan tersebut diantaranya seperti Indonesia e-SportAssociation (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF), Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi).

Selanjutnya, olahraga eksebisi diantaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

Mawardi Yahya menuturkan, pihaknya saat ini terus mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan Fornas tersebut. Pemprov Sumsel bersama Pemerintah daerah setempat dan organisasi terkait lainnya sedang mempersiapkan venue penyelenggaraan setiap olahraga yang dipertandingkan itu.

Lokasi venue tersebut diantaranya seperti Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH Tanjung Senai dan termasuk mal di Palembang.

"Kami membutuhkan dukungan masyarakat Sumsel untuk berpartisipasi dalam mensukseskan even ini. Dan memang pada faktanya, banyak masyarakat yang belum mengetahui dan memahami apa itu Fornas, karenanya kami juga terus mensosialisasikannya," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Fornas VI, Achmad Syamsuddin mengatakan, Fornas memang bukan merupakan olahraga prestasi, melainkan olahraga rekreasi. Meski begitu, even ini tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Sumsel.

"Untuk saat ini kesiapan kita menjelang pelaksanaan Fornas sudah lebih dari 80 persen, namun kita pastikan kesiapan kita sudah matang," jelasnya.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, kota ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap karena pernah menjadi tuan rumah kegiatan olahraga bertaraf internasional seperti SEA Games dan Asian Games.

Melalui fasilitas-fasilitas yang sudah ada tersebut Pemerintah Kota Palembang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi pada Fornas VI, sekaligus dari situ dapat mewujudkan Palembang sebagai kota tujuan wisata olahraga. "Pemerintah Kota Palembang mendukung pelaksanaan Fornas VI pada Juli mendatang, sekaligus mengajak masyarakat turut partisipasi menyukseskannya bersama-sama," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Lewat PPS Tercatat Nilai Wajib Pajak di Jatim Capai Rp1,35 Triliun


 

 

Baca Juga

DOK MI.

Seorang Anak di Cianjur Meninggal dengan Indikasi Suspek Difteri

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 25 September 2022, 14:45 WIB
Seorang anak warga Desa Cibiuk Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meninggal dunia, dengan indikasi suspek...
DOK Tagana Pamijahan.

Jalan Utama Kecamatan Bantarkalong Menuju Culamega Tertutup Longsor

👤Kristiadi 🕔Minggu 25 September 2022, 14:30 WIB
Kepala Desa Pamijahan, Bantarkalong, Ipin Aripin, mengatakan hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan suatu tebing longsor menimbun...
Ist

Finis Friendship Run Medan, Ganjar Terima Kalungan Kain Ulos dari Warga

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 13:39 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tersenyum lebar sembari mengangkat kain ulos saat memasuki garis finis Bank Jateng Friendship Run...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya