Minggu 22 Mei 2022, 18:35 WIB

Gubernur Lampung Lantik Tiga Penjabat Bupati

Cri Qanon Ria Dewi | Nusantara
Gubernur Lampung Lantik Tiga Penjabat Bupati

MI/CRI QANON RIA DEWI
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik tiga kepala dinas menjadi penjabat bupati

 


GUBERNUR Lampung Arinal Djunaidi melantik dan mengambil sumpah tiga kepala dinas menjadi pejabat (Pj) bupati di Kabupaten Pringsewu, Mesuji dan Tulang Bawang Barat (Tubaba). Pelantikan dilakukan  di Balai Keratun, Komplek Perkantoran Gubernur Lampung, Minggu (22/5).

Para penjabat bupati itu ialah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji, Kepala Bapenda Provinsi Lampung Adi Erlansyah  sebagai Pj Bupati Pringsewu, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Tertinggal (PMDT) Lampung, Zaidirina sebagai Pj Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba).

Mereka menggantikan para bupati dan wakilnya yang telah habis masa jabatannya, yaitu Sujadi dan Fauzi (Pringsewu), Saply dan Haryati Cendralela (Mesuji) dan Umar Ahmad dan Fauzi Hasan (Tubaba).

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor: 131.18-1228 Tahun 2022, Kemudian Nomor : 131.18-1229 Tahun 2022 dan Nomor 131.18-1230 Tahun 2022, Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Pringsewu, Penjabat Bupati Mesuji, dan Penjabat Bupati Tulang Bawang Barat Provinsi Lampung.

"Kegiatan hari ini merupakan pemenuhan atas ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengisian kekosongan jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Mesuji, Tulang Bawang Barat dan Pringsewu, yang habis masa jabatannya pada 22 Mei 2022," kata Gubernur Arinal.
 
Sementara itu, tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang habis masa jabatannya pada Tahun 2022, 2023 dan 2024, akan dilaksanakan bersamaan dengan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2024.

Selain melantik dan mengambil sumpah jabatan, pada kegiatan tersebut juga dilakukan serah terima jabatan dari bupati yang telah habis masa jabatannya kepada pj bupati.

Gubernur mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para bupati dan wakil bupati yang telah selesai masa jabatannya.

"Atas pengabdian yang telah Saudara-saudara berikan selama ini di masing-masing daerah. Tidak dapat dipungkiri, bahwa kemajuan daerah Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Pringsewu yang telah dicapai hingga saat ini, merupakan hasil kerja keras, buah pemikiran, cipta, rasa dan karsa yang telah Saudara-Saudara curahkan, oleh karenanya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung saya mengucapkan Terima kasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya," tambah Gubernur.

Jaga kondusivitas


Terkait Pj bupati yang baru dilantik, Gubernur meminta untuk segera menyesuaikan diri, menetapkan dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam menjaga harmonisasi daerah, menjaga kondusivitas kehidupan bermasyarakat, mempercepat pemenuhan pelayanan publik, serta
merealisasikan pembangunan daerah yang telah ditetapkan sebelumnya dalam Rencana Strategis maupun Rencana Kerja Daerah, demi terwujudnya Masyarakat Lampung Berjaya.

Ia juga mengingatkan para pejabat kepala daerah memiliki peran, fungsi dan kewenangan sebagaimana telah diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain hal tersebut, lanjut Arinal, terdapat sejumlah tugas penting dan strategis untuk segera ditangani dan dilaksanakan pejabat bupati yaitu menyelenggarakan pemerintahan daerah di kabupaten dan memfasilitasi tahapan pemilukada di wilayah masing-masing.

"Kemudian menjaga dan menciptakan hubungan dan iklim yang kondusif antar tatanan Forkopimda, Parpol dan seluruh lapisan masyarakat sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di kabupaten dapat berjalan lancar, aman dan tertib dan yang terakhir menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati," papar Gubernur.

Ia juga meminta kepada segenap jajaran Forkopimda, DPRD kabupaten, perangkat daerah, tokoh masyarakat, maupun unsur-unsur lintas sektoral lainnya yang ada di Kabupaten Mesuji, Kabupaten Tulangbawang Barat dan Kabupaten  Pringsewu, untuk mendukung pejabat bupati yang baru saja dilantik dalam melaksanakan pembangunan dan mengelola pemerintahan. (N-2)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya