Jumat 20 Mei 2022, 21:05 WIB

Cegah PMK, Polres Cianjur Lakukan Pemeriksaan Ternak

Benny Bastiandy | Nusantara
Cegah PMK, Polres Cianjur Lakukan Pemeriksaan Ternak

DOK MI
Ilustrasi

 

KEPOLISIAN Resor (Polres) Cianjur, Jawa Barat, ikut memastikan distribusi hewan ternak yang masuk ke wilayah dalam kondisi sehat. Keterlibatan jajaran kepolisian di wilayah hukum Polres Cianjur dalam pemeriksaan hewan ternak itu sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Doni Hermawan menegaskan perlu ada upaya preventif mencegah PMK karena di beberapa daerah di Jawa Barat sudah ada yang ditemukan kasusnya. Upayanya dilakukan bersama-sama dengan para pemangku kebijakan lainnya, terutama instansi teknis di lingkungan Pemkab Cianjur.

"Pada prinsipnya, kita harus memastikan tidak adanya hewan ternak yang berpotensi menularkan penyakit mulut dan kuku," kata Doni kepada Media Indonesia seusai menghadiri upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional di halaman kantor Pemkab Cianjur, Jumat (20/5).

Pelaksanaan upaya preventif di antaranya dilakukan dengan ikut terlibat pada pemeriksaan hewan ternak di setiap peternakan. Sekaligus juga dilakukan sosialisasi upaya-upaya pencegahan. "Kami lakukan patroli bersama Dinas Peternakan (Kesehatan Hewan dan Perikanan) dengan meninjau langsung ke setiap peternakan," tutur Doni.

Mewabahnya PMK berdekatan dengan perayaan Iduladha tahun ini. Doni menyebut dipastikan kebutuhan hewan ternak akan meningkat.

"Ini juga harus dinformasikan kepada masyarakat agar tidak panik karena penyakit ini tidak menular kepada manusia. Tapi kita pastikan hewan ternak yang ada di Kabupaten Cianjur dalam kondisi sehat dan layak konsumsi," tegasnya.

Doni menyebut pemeriksaan distribusi hewan ternak dilakukan secara acak terutama distribusi dari luar daerah. "Tapi saya tegaskan ini bukan penyekatan. Khawatirnya nanti kalau diistilahkan penyekatan akan berdampak terhadap perputaran perekonomian. Kami lebih kepada memastikan hewan ternak kondisinya betul-betul sehat," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Yose Hendra

Media Indonesia-Unand Sevisi Untuk Kemajuan Bangsa

👤Yose Hendra 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:51 WIB
MGN yang diwakili Media Indonesia bertandang ke lantai IV Rektorat Unand bukan saja melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman, melainkan...
MI/Benny Bastiandy

Bursa Tenaga Kerja Di Cianjur Diserbu Pengunjung

👤Benny Bastiandy 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:47 WIB
PENDAFTAR bursa tenaga kerja di Lapang Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membeludak, Rabu (6/7). Padahal, lowongan kerja yang...
Antara

Sulteng Siap Menjadi Daerah Penyangga Pangan IKN Nusantara

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:21 WIB
Pemprov Sulawesi Tengah pun tengah mengembangkan sektor pertanian, perkebunan dan peternakan, agar dapat mendukung swasembada pangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya