Selasa 17 Mei 2022, 20:50 WIB

Atasi PMK, Ganjar Beri Bantuan ke Peternak-Terjunkan Tim Penyuluh

Haryanto | Nusantara
Atasi PMK, Ganjar Beri Bantuan ke Peternak-Terjunkan Tim Penyuluh

dok.Pemprov Jateng
Ganjar saat memberikan bantuan terkait pencegahan PMK, kepada kelompok ternak Muda Mandiri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota S

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan, hingga kini sudah 13 kabupaten di Jawa Tengah yang terdeteksi kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) dengan total sebanyak 48 hewan ternak.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan bantuan terkait pencegahan PMK, kepada kelompok ternak Muda Mandiri di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Update PMK di 13 kabupaten yang positif 48. Jadi dari Dinas Peternakan kita berkoordinasi terus dengan kabupaten kota. Beberapa dokter hewan sudah menyampaikan bisa diobati," kata Ganjar, Selasa (17/5/2022).

Dengan bantuan ini, Ganjar berharap hewan ternak yang belum terinfeksi PMK bisa terlindungi, sehingga PMK tidak menyebar luas ke daerah-daerah yang lain.

Bantuan yang diberikan berupa obat-obatan, vitamin alat semprotan, disinfektan hingga kambing jenis Saanen berjumlah 8 ekor. Dana yang diberikan berasal dari hibah APBD Provinsi Jateng TA 2021.

"Dan ini adalah beberapa vitamin, antibiotik dan ini disuntikkan ke hewan terus ada juga yang spray untuk luka, biasanya di kuku. Disinfektannya kita kasih bantuan ke kelompok ternak untuk mereka nyemprot kandangnya," ujar Ganjar.

Pada kesempatan berbeda, Ganjar juga meminta petani dan peternak yang hewan ternaknya menunjukkan gejala PMK, agar segera menghubungi dokter hewan untuk dikarantina dan diobati secepatnya.

"Saya ingin nanti kalau ada petani peternak yang sapinya ada masalah, segera kontak penyuluh dan dinas biar kita turun. Temen-temen bupati wali kota semua turun ke pasar hewan ngecek," kata Ganjar.

Ganjar menyebutkan para peternak sudah paham akan kondisi hewan ternaknya. Tugas pemerintah tinggal mendampingi dan membuat kebijakan untuk menyudahi wabah PMK secepatnya.

Sebelumnya, Ganjar juga bertemu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk mendorong percepatan penyelesaian PMK yang menjangkit hewan ternak ini.

Tim Unit Reaksi Cepat (URC) bentukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tim riset hingga surveilans juga terus bekerja secara optimal. Guna menjaga lalu lintas hewan ternak yang keluar dan masuk Jawa Tengah. (OL-13)

Baca Juga: Cegah PMK, Kabupaten Cianjur Perketat Pengawasan Angkutan Hewan Ternak

Baca Juga

MI/HO

Aksi Sosial Warnai Kegiatan Sobat Erick di Jawa Timur

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 17:06 WIB
Dari Komunitas Petani Ngawi, Komunitas Pokdarwis Maospati Magetan, hingga Komunitas Pengrajin Batik Madiun mengaungkan dukungan mereka...
MI/HO

Teman Sandi Ajarkan Hidroponik di Binjai

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 16:58 WIB
Penggunaan sistem hidroponik untuk bercocok tanam bisa meminimalisasi atau menghilangkan hama yang menjadi musuh utama...
MI/Denny Susanto

Agrowisata Kopi di Kalimantan Selatan Mulai Dilirik

👤Denny Susanto 🕔Minggu 03 Juli 2022, 15:38 WIB
Kedai Biji Kopi Borneo Kalsel menjajaki pembangunan agro wisata berbasis tanaman kopi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya