Rabu 11 Mei 2022, 16:39 WIB

Empat Kecamatan di Ogan Ilir Rawan Karhutla

Dwi Apriani | Nusantara
Empat Kecamatan di Ogan Ilir Rawan Karhutla

DOK MI
Ilustrasi

 

MUSIM kemarau tahun ini diprediksi akan mulai terjadi pada Mei mendatang. Diperkirakan, musim kemarau tahun ini akan lebih panjang.

Karena itu, bencana kebakaran hutan dan lahan sangat berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, utamanya di Ogan Ilir yang menjadi langganan bencana tersebut.

"Pencegahan karhutla selalu menjadi prioritas kita. Karena memang daerah kita ini rawan karhutla," ucap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat, Rabu (11/5).

Ia menyebutkan, ada empat kecamatan yang menjadi prioritas pemantauan karhutla yakni, Kecamatan Pemulutan, Pemulutan Barat, Pemulutan Selatan, Indralaya dan Indralaya Utara. Edi mengatakan pihaknya sudah menyiagakan 96 personel dan empat sepeda motor yang dilengkapi dengan alat pemadam, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. "Saat ini personel kita terus melakukan patroli di daerah-daerah yang rawan kebakaran lahan agar dapat dicegah secara dini," kata Edi.

Edi mengimbau masyarakat Ogan Ilir khususnya yang berada di daerah lahan gambut agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar. "Sebab hal itu dapat menjadi penyebab kebakaran lahan, terutama saat musim kemarau nanti. Dampaknya tentu akan merugikan kita semua," tutup Edi. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan AL Farisi

Pemkot Bandung Tunggu Izin untuk Jadikan GBLA Markas Persib

👤Naviandri 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:20 WIB
Pemkot Bandung ingin meyakinkan GBLA terpelihara dengan baik bukan hanya di dalam stadion tapi juga di luar stadion. Yang jelas rumput...
Ist

Desa Wisata Jadi Lokomotif Peningkatan Kesejahteraan di NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:05 WIB
Dalam menyosialisasikan quick win, Kemenparekraf fokus pada lima destinasi superprioritas di antaranya Mandalika dan Labuan...
Antara/Nyoman Hendra Wibowo.

Sembilan Sapi Positif PMK, Purbalingga Awasi Lalu Lintas Hewan

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 19 Mei 2022, 16:02 WIB
Saat ini di Purbalingga terdapat 12.500 sapi yang siap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya