Kamis 05 Mei 2022, 18:23 WIB

Antisipasi Masuknya Covid-19, Pemkot Makassar Lakukan Tes Antigen Kepada Pendatang

Lina Herlina | Nusantara
Antisipasi Masuknya Covid-19, Pemkot Makassar Lakukan Tes Antigen Kepada Pendatang

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota Makassar, Sulsel mengambil langkah antisipasi mencegah terjadinya penularan Covid-19 dengan melakukan tes antigen secara acak kepada pendatang selama arus balik lebaran 2022.

"Random tes atau pemeriksaan secara acak bagi para pendatang adalah salah satu langkah antisipasi mencegah penularan Covid-19, meski mereka sudah divaksin dengan dosis booster," tegas Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto.

Menurutnya, tes antigen secara acak dilakukan di tiap pos pemantauan perbatasan wilayah Kota Makassar dengan kabupaten tetangga yang berbatasan seperti Kabupaten Maros, Gowa dan Takalar.

"Pendatang atau pemudik yang hendak masuk akan diperiksa secara acak oleh petugas di pos-poe yang dijaga tim gabungan dari Pemkot Makassar, petugas kesehatan, dan TNI-Polri," jelas Danny.

Baginya, tes antigen itu, sebagai salah satu upaya mengurangi penularan Covid-19, lantaran berdasarkan prediksi, bakal terjadinya lonjakan arus balik yang disebut memasuki puncaknya pada 7-8 Mei 2022.

"Situasi yang disebut berpotensi memicu penyebaran Covid-19. Tim kesehatan sudah siap, memantau-memantau perkembangan kenaikan kasus Covid-19," seru Danny.

"Kita berharap lonjakan kasus Covid-19 efek dari arus balik tidak terjadi. Apalagi saat ini Makassar disebut sudah mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok usai vaksinasi, dengan capaian vaksinasi yang hampir 100%," sambung Danny.

Saat ini, kasus baru Covid-19 di Kota Makassar diklaim melandai, dengan pertumbuhan kasus harian tidak pernah melebihi 10 kasus, berbeda saat puncak gelombang ketiga Covid-19 yang mencapai 1.500 kasus baru sehari.

"Saat ini saya tidak melihat lonjakan kasus baru Covid-19. Tapi nanti setelah arus balik lebaran, akan kita monitor, semoga kasus tidak meningkat. Makanya kita antisipasi dengan tes antigen meski acak," tandas Danny. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Bengkulu Genangi Ribuan Rumah, Pohon Tumbang Tewaskan Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:00 WIB
Banjir berdampak pada 886 rumah warga di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Sungai Serut, Ratu Agung, dan Kampung Melayu di Kota...
DOK MI.

Banjir Tinggi lagi hingga Lima Meter Landa Kota Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:34 WIB
Seorang warga Kelurahan Sukamerindu, Aminudin, berharap pemerintah menyalurkan bantuan pangan, air bersih, pakaian, tenda, dan sampan untuk...
Dok. Pemprov Jateng

Aplikasi Jalan Cantik Jateng Sudah Terima 7.190 Aduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:03 WIB
Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190. Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya