Rabu 20 April 2022, 18:53 WIB

Banjir Bandang Terjang Lima Dusun Di Grobogan

Akhmad Safuan | Nusantara
Banjir Bandang Terjang Lima Dusun Di Grobogan

Medcom
Ilustrasi

 

BANJIR bandang menerjang lima dusun di Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (19/4). Puluhan rumah warga terendam dan satu roboh terkena hantaman banjir yang terjadi akibat tanggul sungai jebol.

Pemantauan Media Indonesia, Rabu (20/4), ratusan warga di lima dusun yakni Turi, Kenteng, Sumberagung, Jeblogan dan Sidomulyo, Desa Kenteng, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan melakukan gotong-royong membersihkan sampah dan lumpur yang berada di dalam rumah, halaman dan jalan desa.

Terjangan banjir mengakibatkan 67 rumah warga di lima dusun tersebut terendam air setinggi 50 cm-60 cm dan sebuah rumah di Dusun Turi, roboh setelah tanggul sungai jebol sepanjang delapan meter. "Banjir sudah surut sejak tengah malam. Tidak ada korban jiwa namun puluhan rumah terendam dipenuhi sampah dan lumpur," ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyoningsih.

Meskipun sudah surut, lanjut Endang, warga diminta tetap waspada karena ancaman banjir masih cukup tinggi di wilayah ini. "Jika hujan terjadi di wilayah atas, maka ancaman banjir di desa ini cukup tinggi," tambahnya.

Banjir bandang yang menerja lima dusun di Grobogan ini, ungkap Endang, terjadi setelah turun hujan deras hampir seharian di wilayah yang berada di atas Desa Kenteng. Akibatnya, sungai tidak mampu menahan besarnya volume air sehingga tanggung sungai jebol sepanjang delapan meter. (OL-15)

Baca Juga

 ANTARA/Iggoy el Fitra

Basianyuik, Atraksi Menyusuri Terowongan Air yang Menantang di Pesisir Selatan

👤Yose Hendra 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:20 WIB
Dam terowongan atau disebut juga 'polongan kalam' oleh masyarakat setempat di Nagari Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir...
DOK MI

Sulteng Akan Kembangkan Pertanian Kedelai

👤M Taufan SP Bustan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:19 WIB
PEMERINTAH Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) menyiapkan 1.500 hektare lahan untuk mengembangkan produk pangan lokal. Salah satunya...
ANTARA

Liburan Sekolah, Kawasan Wisata Dieng Dipadati Pengunjung

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 01 Juli 2022, 20:11 WIB
LIBURAN sekolah dan adanya fenomena embun es akibat suhu ekstrem jadi membuat di kawasan dataran tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya