Jumat 11 Februari 2022, 14:21 WIB

PJB Siap Pasok Kebutuhan Oksigen Medis

Bagus Suryo | Nusantara
PJB Siap Pasok Kebutuhan Oksigen Medis

MI/DOK PJB
Petugas PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) menyiapkan tabung oksigen medis di Unit Pembangkitan Muara Karang di kawasan Pluit, Jakarta Utara, J

 

PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) siap memasok kebutuhan oksigen medis guna mengatasi peningkatan pasien covid-19.

"Menyikapi isu pandemi yang belum selesai, PJB siap hadir memberikan kontribusinya. Salah satunya melalui penyaluran oksigen untuk medis," tegas Direktur Utama PT PJB Gong Matua Hasibuan dalam keterangan tertulis, Jumat (11/2).

Oksigen medis itu diproduksi Unit Pembangkitan Muara Karang di kawasan Pluit, Jakarta Utara. Oksigen yang dihasilkan di tempat itu dengan kemurnian 99,9% dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan medis dengan kapasitas produksi 900 kg per bulan.

Selain di Muara Karang, 19 instalasi pembangkit PJB juga memproduksi oksigen medis dengan estimasi 2 ton per hari. "PJB memanfaatkan oksigen yang awalnya dibuang ke udara bebas pada sistem pendingin pembangkit menjadi oksigen medis murni," tuturnya.

PJB selaku anak perusahaan PT PLN (Persero) senantiasa aktif mendukung penanganan covid-19. Karena itu PJB siap menyalurkan oksigen bila sewaktu-waktu diperlukan. Upaya ini dilakukan mengingat covid-19 terus melonjak sampai Selasa (8/2) bertambah 37.492 kasus baru.

Ia mengungkapkan, pada puncak gelombang kedua covid-19 di Indonesia tahun lalu, PJB melalui UP Muara Karang telah aktif memasok oksigen untuk kebutuhan beberapa rumah sakit di Jakarta sejak Juli 2021, yakni RSI Cempaka Putih, RSUD Pasar Minggu, dan Puskesmas Kelapa Gading.

"Total oksigen keseluruhan yang telah didistribusikan saat itu 390,5 meter kubik. Permintaan tersebut terhenti saat kondisi pandemi melandai beberapa waktu lalu," imbuhnya.

Oksigen medis yang diproduksi UP Muara Karang sudah mendapatkan Sertifikat Inspeksi Gas Medik Oksigen dari Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta pada 5 Agustus 2021.

Instalasi proses pengolahan pun telah tersertifikasi Instalasi Gas Medik Oksigen Generator pada 6 Oktober 2021 dari BPFK sehingga terjamin penggunaannya. (BN/OL-10)
 

Baca Juga

MI/NAVIANDRI

Rufous Events Hadirkan Bazar Bernuansa Natal di Pullman Bandung

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:20 WIB
Rufous menghadirkan 40 tenan, mulai dari kuliner hingga...
MI/NAVIANDRI

Try Out CASN Juara Semakin Diminati Peserta Seleksi Calon ASN

👤Naviandri 🕔Jumat 02 Desember 2022, 22:05 WIB
Pemprov Jabar akan membuka lowongan formasi untuk tenaga teknis lainnya dengan 5...
MI/Haryanto

Tanggani Banjir Jateng, Ganjar Siapkan Anggaran Darurat Rp15 M

👤Haryanto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:36 WIB
BENCANA banjir terjadi di sejumlah wilayah di Jateng, seperti Demak, Blora, dan Pati. Pemprov Jateng siapkan anggaran darurat Rp15...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya