Kamis 27 Januari 2022, 18:36 WIB

Petani Sawit di Riau Tewas Diserang Gajah Liar

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Petani Sawit di Riau Tewas Diserang Gajah Liar

DOK MI
Gajah liar.

 

KONFLIK antara manusia dengan gajah akibat makin kecilnya habitat hidup hewan liar itu di Riau menelan korban. Palen Peter Aritonang, petani kelapa sawit tewas setelah diserang hewan bertubuh besar tersebut.

Tubuh pria berusia 56 tahun itu ditemukan di kebun sawitnya di Taman Hutan Rakyat (Tahura) SSQ II, Desa Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (27/1).

"Berdasarkan keterangan saksi, korban diduga terinjak gajah liar karena banyak ditemukan jejak kaki gajah di sekitar korban dan adanya pohon kelapa di kebun tersebut yang dirusak gajah liar," kata Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Fifin Arfiana Jogasara, Kamis (27/1).

Oleh keluarga korban kejadian telah dilaporkan ke Polsek Minas.  "Hasil komunikasi Tim Balai Besar KSDA, Polsek Minas dan KPH Tahura Minas dengan keluarga korban, pada prinsipnya mereka tidak menyalahkan siapapun dan hanya meminta kehadiran pada saat pemakaman yang akan dilaksanakan pada Sabtu (29/1)," jelas Fifin.

Ia menambahkan, pihak Balai Besar KSDA Riau dan KPHP Tahura Minas  sudah menjadwalkan untuk menghadiri acara pemakaman tersebut pada hari Sabtu mendatang. (OL-15)

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Bandara Ngurah Rai Bali akan Pasang 288 Unit Solar Panel System

👤Arnoldus Dhae 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:32 WIB
Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp) akan dipasang...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Kalsel Tetapkan Isu Prioritas Lingkungan Hidup

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:18 WIB
Bencana banjir dan pengelolaan sampah menjadi isu prioritas utama lingkungan hidup di...
Dok.Mi

Rem Blong, Bus Pariwisata Tabrak Kendaraan Hingga Rumah Warga dan Sebabkan 3 Orang Meninggal Dunia

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 23:15 WIB
Kejadian tersebut, menyebabkan rumah, sepeda motor, dan mobil mengalami kerusakan, hingga tiga orang meninggal dunia dan 23 orang lainnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya