Minggu 16 Januari 2022, 12:05 WIB

Komunitas Sepeda Samas-Bali Dukung Kebangkitan Pariwisata Bali

Media Indonesia | Nusantara
 Komunitas Sepeda Samas-Bali Dukung Kebangkitan Pariwisata Bali

Dok Samas
Peserta rakor komunitas sepeda Bali

 

KEBANGKITAN pariwisata Bali menjadi tanggung jawab berbagai pihak yang berkepentingan. Salah satunya adalah komunitas sepeda yang bertekad mengusung sport tourism dan adventure tourism.

"Tema kita yang dikemas dalam rapat koordinasi (rakor) adalah Samas Berjaya dan Berdaya," kata Ketua Samas, Endra Datta dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Minggu (16/1). "Berjaya maksudnya agar Samas bisa memberikan kontribusi pada geliat pariwisata Bali, dengan sport tourism dan adventure tourism. Sedangkan berdaya yaitu memberikan kesempatan pada anggota Samas agar bisa masuk dalam kegiatan ekonomi, khususnya ekonomi kreatif terkait pariwisata."

Samas adalah komunitas sepeda yang memayungi beberapa komunitas dan klub sepeda se-kabupaten/kota di Bali. Rakor ini diikuti masing-masing dua perwakilan. Semangat kebersamaan komunitas sepeda Samas-Bali, untuk mendukung bangkitnya pariwisata di Pulau Bali, menjadi kesepakatan utama. Menurunnya angka kejadian covid-19 menjadi momentum kebangkitan aktivitas Samas. 

"Tentu harus ada grand design dan kolaborasi sehingga komunitas sepeda bisa berjuang bersama-sama mendukung pariwisata Bali. Kesiapan Samas, misalnya dari sumber daya manusia, modalitas seperti ketersediaan sepeda yang bisa disewakan, transportasi, trek dan perawatannya, serta keterlibatan masyarakat setempat, adalah sebagian kecil dari hal-hal yang dibicarakan pada rapat koordinasi ini," kata Poetoet Soedarjanto, aktivis sepeda sekaligus Dewan Penasehat di Komunitas B2W Indonesia.

Kolaborasi yang dimaksud bukan hanya bersama pemerintahan provinsi, kota, dan kabupaten di Bali, tapi juga event-event berskala nasional maupun internasional yang diselenggarakan di Pulau Dewata. "Salah satunya, GFNY Bali yang akan diselenggarakan 6 Maret 2022. Sebuah kebanggaan bagi Samas karena logonya ada pada jersey peserta yang dibuat di Nalini, Italia," imbuh Endra Datta lagi.

Rakor dibuka Kepala Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Ketut Sriawan, yang sangat apresiatif pada semangat pesepeda di Pulau Bali. Acara ini didukung Pemkot Denpasar, Element Bike, Hydro Coco dan GFNY Bali. (RO/O-2)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya