Jumat 24 Desember 2021, 16:41 WIB

Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Alami Peningkatan

Ardi Teristi | Nusantara
Jumlah Penumpang di Bandara Adisutjipto Alami Peningkatan

ANTARA
Ilustrasi.

 

JUMLAH penumpang pesawat di Bandara Adisutjipto, DIY mengalami peningkatan menjelang Natal dan tahun baru 2022 (Nataru). Rata-rata penumpang harian pada Desember meningkat sebanyak 20 persen dibanding November.

"Sampai dengan 23 Desember, Bandara Adisutjipto mencatatkan 21.000 penumpang," terang Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (24/12).

Jumlah tersebut merupakan peningkatan jika dibandingkan sepanjang November yang hanya 22.000 penumpang. Angka vaksinasi di Indonesia yang sudah cukup baik serta harga PCR yang lebih terjangkau, nilai dia, diperkirakan menjadi pendorong meningkatnya animo masyarakat untuk melakukan perjalanan udara.

Angka vaksinasi di Indonesia yang tinggi membuat masyarakat lebih percaya untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara. "Ketika masyarakat sudah melakukan vaksinasi lengkap, secara regulasi, mereka juga lebih mudah (untuk berpergian dengan menggunakan pesawat) karena cukup melampirkan hasil antigen saja," jelas dia.

Agus Pandu menambahkan regulasi perjalanan udara akan disesuaikan dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan no. 111 tahun 2021 selama masa Pembatasan Perjalanan periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022. Untuk pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap, mereka cukup melampirkan hasil antigen yang berlaku 1 x 24 Jam setelah hasil keluar.

Sementara bagi pelaku perjalanan udara yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap, mobilitas mereka dibatasi untuk sementara. "Surat Edaran Kementerian Perhubungan no.111 Tahun 2021 mulai berlaku pada 24 Desember hingga 2 Januari 2022," imbuh dia.

Bagi para pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan pada tanggal tersebut, Agus Pandu memohon calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta memahami peraturan yang berlaku demi kenyamanan dan keamanan bersama. (OL-15)

Baca Juga

Ist

Banjir Rob di Jateng, Human Initiative Bagi Makanan Siap Santap dan Air Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 09:05 WIB
Di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, para pekerja dipulangkan sebagai antisipasi apabila debit air yang melimpas semakin...
 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya