Kamis 16 Desember 2021, 19:10 WIB

Menteri LHK Setujui Lahan Relokasi Terdampak Erupsi Semeru

Bagus Suryo | Nusantara
Menteri LHK Setujui Lahan Relokasi Terdampak Erupsi Semeru

dok.ant
Bupati Lumajang Thoriqul Haq

 

PEMERINTAH Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, segera membangun penampungan sementara korban erupsi Gunung Semeru setelah mendapatkan persetujuan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"Kami akan segera melakukan percepatan penataan kawasan permukiman baru," tegas Bupati Lumajang Thoriqul Haq dalam unggahan di akun Twitter, Kamis (16/12).

Hal itu dilakukan seusai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyetujui penggunaan lahan hutan produksi Perhutani seluas 90,28 hektare.

Persetujuan itu berdasarkan Keputusan Menteri LHK Nomor SK 1256/MENLHK/SETJEN/PLA.2/12/2021 tentang persetujuan penggunaan kawasan hutan untuk kegiatan penampungan sementara korban bencana alam erupsi Gunung Semeru dan lahan usahanya atas nama Pemerintah Kabupaten Lumajang pada kawasan hutan produksi tetap di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur seluas 90,98 ha.

Keputusan Menteri LHK ini cepat diproses setelah Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengirimkan surat pengajuan persetujuan penggunaan kawasan hutan untuk penampungan sementara pada 12 Desember 2021. Bupati Lumajang minta persetujuan di lahan hutan produksi petak 4F-1 di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, seluas 79,6 ha dan petak 5D seluas 8 ha di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

"Terima kasih Bu Menteri Siti Nurbaya Bakar yang telah menerbitkan surat keputusan untuk lahan relokasi bagi masyarakat Lumajang yang terdampak erupsi Semeru," tuturnya. (OL-13)

Baca Juga: Erupsi Susulan dan Banjir Lahar Dingin Semeru Paksa Warga Mengungsi

 

Baca Juga

DOK Metro TV.

Kecelakaan Bus Ardiansyah di Tol Diduga akibat Pengemudi Mengantuk

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:43 WIB
Pada saat kejadian situasi arus lalin landai lancar dan cuaca...
DOK Metro TV.

Bus Ardiansyah Kecelakaan di Tol Surabaya-Mojokerto, 14 Tewas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:32 WIB
Bus yang mengalami kecelakaan menurut keterangan warga membawa rombongan warga Surabaya Barat yang berwisata ke Dieng dan Yogyakarta pada...
MI/Rendy Ferdiansyah

Karhutla: Puluhan Titik Panas Muncul di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Senin 16 Mei 2022, 13:00 WIB
PULUHAN titik panas atau hotspot yang di duga adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertebaran hampir diseluruh Kabupaten di Provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya