Sabtu 11 Desember 2021, 21:40 WIB

BPDASHL Rehabilitasi Lahan Danau Toba

Yoseph Pencawan | Nusantara
BPDASHL Rehabilitasi Lahan Danau Toba

DOK MI
Danau Toba, Sumatera Utara

 

BALAI Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) melakukan beberapa program dalam upaya rehabilitasi daerah sekitar sungai dan lahan hutan di Sumatera Utara, termasuk kawasan Danau Toba.

Kepala BPDASHL Asahan Barumun Dwi Januanto Nugroho mengungkapkan, pihaknya memiliki 293 areal daerah aliran sungai (DAS) seluas 4,5 juta hektare. "Meliputi Barumun, Asahan, Batang Gadis, Kualuh dan Batang Toru," ujarnya, Sabtu (11/12).

Dari lima besar daerah itu, jelas dia, ada kawasan bernama DAS Asahan-Toba yang menjadi super prioritas. Status itu bersamaan dengan upaya pemerintah yang menjadikan wilayah ini sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

Dengan statusnya sebagai super prioritas, DAS Asahan-Toba diklasifikasikan sebagai DAS yang harus dipulihkan dan dipertahankan. "Maka harus ada intervensi-intervensi yang harus dilakukan pada wilayah yang kering, terjal, lahan curam dan sangat curam," terangnya.

Untuk itu, pihaknya telah dan masih melakukan upaya pemulihan dengan memerhatikan berbagai aspek. Antara lain kondisi fisik lahan, ketersediaan lahan, pola tanam serta kapasitas kelola sumber daya, baik SDM, finance, sarana prasaran dan kelembagaan.

BPDASHL Asahan Barumun, lanjut dia, juga melakukan terobosan rehabilitasi lahan Danau Toba dengan membuat kompos blok dan lainnya. Kompos blok merupakan kompos berbentuk kubus dan tabung (silinder) yang pada bagian tengahnya diberi lubang untuk meletakkan bibit tanaman.

Selain itu mereka juga melakukan penanaman pohon dan bibit produktif sebagai upaya pemulihan dan peningkatan fungsi lahan serta pelestarian lingkungan. Adapun jenis vegetasi tanaman yang dikembangkan di antaranya kacang macadamia, aren, tabebuya, pinus, kopi dan bibit Multi Purposes Tree Species (MPTS) lainnya.

"Kacang macadamia disebar dengan cara ditembak melalui drone pada kawasan yang terjal," ungkapnya.(OL-15)

Baca Juga

Dok. Mutuagung Lestari

Perluas Jasa Uji Kualitas Lingkungan, Mutuagung Lestari Resmikan Laboratorium di Pontianak

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:41 WIB
Saat ini, PT Mutuagung Lestari memiliki lima cabang laboratorium lingkungan yang berada di Samarinda, Pekanbaru, Pangkalan Bun, Medan dan...
DOK MI.

Polda Jambi Tangkap Lima Pelaku Penyimpangan Distribusi BBM Subsidi

👤Solmi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:30 WIB
Mereka ialah dua operator APMS Andi, 42, dan Kodri, 46, tiga pembeli penampung atas nama Zulfala, Jumino, dan...
DOK MI.

Banjir di Desa Podenura Nagekeo Rusak Jalan Nangaroro-Maunori

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 22:20 WIB
Banyak pengguna jalan dari arah Kecamatan Keo Tengah terjebak di Desa Podenura karena banjir. Akibat banjir yang sudah meluap, satu kios...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya