Selasa 07 Desember 2021, 08:20 WIB

Bermunajat Bersama Berharap Amuk Semeru Mereda

Bagus Suryo | Nusantara
Bermunajat Bersama Berharap Amuk Semeru Mereda

MI/Bagus Suryo
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq tahlil bersama pengungsi erupsi Gunung Semeru, Senin (6/12)

 

TAHLIL menggema di Balai Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (6/12). Pengungsi melantunkan selawat, khidmat berdoa berpadu dengan harap bencana segera berakhir. Mereka mendoakan para korban meninggal dunia. Doa juga untuk kesembuhan para korban amuk Semeru yang sedang berjuang segera sembuh dari luka bakar di rumah sakit.

Malam itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq khusyuk membacakan Surat Yasin bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan tokoh agama diikuti para pengungsi.

"Malam hari ini kita berkumpul, doa kita hadiahkan pada mereka yang wafat pada bencana ini. Juga yang dirawat dapat obat, mudah-mudahan cepat sembuh," tegas Khofifah.

Khofifah berusaha menenangkan para korban bencana sembari memotivasi meski keadaan memaksa mereka tidur seadanya, tidak seperti di rumah sendiri.

"Mudah-mudahan kita semua diberikan sehat, sabar, semoga Allah membukakan pintu kemudahan untuk kita semua," tuturnya.

Selanjutnya "Seluruh korban meninggal dunia husnulkhatimah. Keluarganya diberikan ketabahan, kesabaran dan kekuatan."

Menurut Khofifah, Gunung Semeru selama ini sangat banyak memberikan kehidupan dan kesejahteraan. Di sisi lain, Tuhan memberikan ujian lengkap dengan kekuatan dalam menjalaninya.

"Dengan ujian ini mudah-mudahan Allah menaikkan kelas kita, derajat kita," katanya.

Karena itu, seyogianya harus tetap berhusnuzan, berprasangka baik terhadap kasih sayangnya Allah. Sebab, semua orang pada prinsipnya tidak mengetahui kapan dan dengan cara apa Yang Maha Kuasa memanggil.

"Maka ketabahan, keikhlasan dan kesabaran dari para keluarga menjadi sangat penting. Ikhlaskan saudara kita, keluarga kita yang dipanggil Allah."

Khofifah mengisahkan sejak lama bersahabat dengan Gunung Semeru. Saat masih SMP, setiap 6 bulan sekali ia mendaki gunung itu. Kendati bersahabat dengan gunung, kewaspadaan dan menjaga kehati-hatian menjadi yang utama. Pasalnya, gunung tertinggi di Pulau Jawa ini selain lahar dinginnya menghasilkan pasir juga guguran awan panas membahayakan keselamatan.

"Kalau telat melakukan penyelamatan diri, itu jadi ujian bagi kita semua," kata Khofifah

Saat ini, perhatian pemerintah pusat pada masyarakat Lumajang sudah luar biasa. Para menteri, Kepala BMPB, Panglima TNI, Kapolri, dan masyarakat hadir melakukan berbagai upaya membantu penanganan bencana. Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin memastikan seluruh penanganan sudah dilakukan dengan baik.

Penanganan korban luka bakar di rumah sakit pun ditangani ahli bedah plastik dari Rumah Sakit Dr Soetomo, Surabaya, dan Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang.

"Intinya mohon panjengan tenang, jangan panik. Kami akan mencari solusi terbaik," ujarnya.

Khofifah menyerahkan santunan uang duka kepada perwakilan korban bencana yang kerabatnya meninggal dunia. Santunan diberikan langsung Rp10 juta per orang.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyatakan sudah melakukan penanganan bencana mulai menyelamatkan warga, pencarian korban, pengobatan dan menyiapkan pengungsian beserta menyalurkan bantuan.

"Pendataan masih terus kita lanjutkan, masih ada warga yang melaporkan anggota keluarga mereka belum ditemukan dan menunggu kabar. Saat ini korban meninggal dunia 22 orang," kata Thoriqul Haq. (OL-13)

Baca Juga: 15 Warga Meninggal Dunia dan 27 Orang Hilang Akibat Erupsi ...

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Tiga Desa di Cirebon Banjir akibat Luapan Sungai Ciberes

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 07:15 WIB
Alex mengatakan banjir yang merendam tiga desa itu mengakibatkan ratusan rumah warga, terutama di bantaran Sungai Ciberes terendam banjir...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya