Sabtu 04 Desember 2021, 17:45 WIB

Sultra dan Konawe Utara Kembangkan Wisata Pulau Labengki

Halim agil | Nusantara
Sultra dan Konawe Utara Kembangkan Wisata Pulau Labengki

Antara/Jojon.
Wisatawan berada di Pulau Labengki, Lasolo Kepulauan, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, beberapa waktu lalu.

 

SULAWESI Tenggara memiliki banyak destinasi wisata yang tersebar di beberepa daerah. Tempat wisata itu tersebar di Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Buton, Buton Tengah, Kabupaten Muna, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Utara, Kabupaten Bombana, Kolaka, Kota Kendari, dan Kota Bau-bau.

Meskipun memiliki banyak objek wisata, hanya beberapa destinasi wisata yang telah dikenal di tingkat nasional maupun internasional. Selain destinasi wisata Wakatobi, kini Pemerintah Provinsi Sulawesi dan Tenggara dan Kabupaten Konawe Utara sedang mengembangkan Pulau Labengki di Desa Labengki Kecamatan Lasolo sebagai destinasi wisata yang tidak kalah dengan Raja Ampat di Papua.

Untuk bisa mencapai Pulau Labengki, wisatawan bisa mengambil jalur melalui pelabuhan Kota Kendari, Tanasa, Kabupaten Konawe, atau Lasolo, Kabupaten Konawe Utara. Jalur ini yang dapat digunakan oleh wisata untuk bisa sampai ke Pulau Labengki.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus berupaya mengembangkan Pulau Labengki sebagai destinasi wisata baru. Pada Jumat (3/12), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara dan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menggelar Festival Labengki. Festival Labengki 2021 bertujuan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi daerah yang punya konstribusi besar pada peningkatan ekonomi dan memberikan kontribusi kepada daerah.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi saat membuka Festival Labengki mengatakan hajatan tersebut untuk meningkatkan ekonomi dan membangkitkan sektor pariwisata dengan melibatkan pelaku usaha terkait. Harapannya, ini secara tidak langsung meningkatkan ekonomi kerakyatan maupun daerah seiring pembukaan tempat wisata bertaraf internasional.

Komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terus mendorong promosi dengan meningkatkan citra destinasi unggulan. "Festival Labengki 2021 diselenggarakan agar kita bisa mulai membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif karena ivenstasi pariwisata dinilai telah memmberikan kontribusi besar bagi masyarakat sekitar," ujar Ali Mazi.

Dalam upaya pemulihan pariwisata, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara tetap memberikan prioritas penuh pad aspek kesehatan dan keselamatan serta tetap mematuhi protokol kesehatan kepada wisatawan yang akan berwisata. Festival Labengki 2021 turut dihadiri staf ahli Menteri Pariwisata, Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Salamun, Direktur Produksi Media Indonesia Agus Mulyadi, serta sejumlah pejabat daerah Kabupaten Konawe Utara dan Sulawesi Tenggara.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan saat Festival Labengki mulai dari penanaman 100 terumbu karang, eksplorasi  pulau yakni berkeliling gugusan yang ada, hingga eksebisi layang-layang tradisional. Selain itu, eksibisi perahu yang memberikan kesempatan nelayan menghiasi perahu mereka dan mengelilingi perairan Pulau Labengki.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara La Ode Syafiuddin mengatakan Festival Labengki merupakan event tahunan yang masuk dalam kelender promosi wisata Sulawesi Tenggara yang akan berlangsung pada 2 sampai 4 Desember 2021. Untuk meramaikan festival, panitia pelaksana yakni Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara juga menghadirkan Cita Citata, artis yang dikenal dengan Goyang Dumang. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Sulsel dan Mandalika Kerja Sama Promisi Pariwisata

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 18:46 WIB
BADAN Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Pemprov Sulsel menyepakati kerja sama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk...
MI/Lilik Darmawan

Antisipasi Omikron, BIN Jateng Kembali Gelar Vaksinasi Massal

👤Lilik Darmawan 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 18:40 WIB
KASUS omikron telah masuk ke Jawa Tengah (Jateng). Karena itu, berbagai upaya terus dilakukan salah satunya yang dilaksanakan oleh Badan...
DOK MI

Keracunan Massal di Tasikmalaya Tewaskan Satu Orang

👤Kristiadi 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 17:53 WIB
KASUS keracunan makanan terhadap puluhan orang di Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (20/1), menelan korban...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya