Kamis 02 Desember 2021, 14:51 WIB

Polisi Gerebek Rumah Penampungan Baby Lobster, 13 Orang Diamankan

Dwi Apriani | Nusantara
Polisi Gerebek Rumah Penampungan Baby Lobster, 13 Orang Diamankan

MI/Dwi Apriani.
Rilis ungkap kasus dilakukan Polda Sumsel atas penggerebekan rumah penampungan baby lobster, Kamis (2/12/2021).

 

SEBANYAK 13 orang diamankan dalam operasi penggerebekan oleh Ditreskrimsus Polda Sumsel di dua rumah yang dijadikan tempat penampungan sementara baby lobster atau benur di Desa Mulia Sari, Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Rabu (1/12) dini hari.

Selain pelaku, petugas menyita barang bukti 153.450 benur yang masih disimpan di bak khusus penampungan di dua rumah yang digerebek. Barang bukti lain yang turut disita di antaranya tedmon ukuran ratusan liter tempat penampungan air laut, lemari es, berbagai jenis tabung oksigen, kolam terpal tempat menampung benih lobster, dan peralatan lain.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sumsel Kombes Barly Ramadhani mengatakan penyidik Ditreskrimsus masih melakukan pemeriksaan untuk mendalami peran setiap pelaku. "Kami juga masih mendalami asal benih lobster dan tujuan pengiriman serta aktor intelektual dalam kasus ini," kata Barly kepada wartawan di sela konferensi pers kasus penggerebekan rumah penampungan baby lobster di Mapolda Sumsel, Kamis (2/12).

Dari hasil interogasi pemilik rumah, kata Barly, para pelaku baru sekitar satu bulan menyewa rumah itu. Begitu juga dengan barang-barang yang digunakan untuk menampung benih lobster.

"Lokasi penggerebekan hanya dijadikan tempat penampungan sementara benih lobster. Benih ini pasti akan dikirim. Untuk tempat pengiriman masih kami dalami," ungkapnya.

Baca juga: Selama Musim Hujan Pendakian Semua Gunung di Malang Ditutup

Barly menyebut, dengan penggerebekan lokasi penampungan sementara benih lobster, pihaknya berhasil mencegah kerugian negara sebesar Rp24 miliar lebih. "Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan untuk penanganan benih lobster untuk segera dilepaskan ke habitatnya," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya