Selasa 30 November 2021, 17:59 WIB

Sekda DIY: Relokasi PKL Malioboro Demi Kebaikan Mereka

Ardi T Hardi | Nusantara
Sekda DIY: Relokasi PKL Malioboro Demi Kebaikan Mereka

dok.ant
Suasana Jln Malioboro yang menjadi ikon Yogyakarta diramaikan pedagang kaki lima.

 

PARA pedagang kaki lima (PKL) di Malioboro rencananya akan dipindahkan pada tahun depan. Dua tempat sudah disiapkan untuk menampung mereka, yaitu eks bioskop Indra dan eks Kantor Dinas Pariwisata DIY.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) DIY, Srie Nurkyatsiwi menyampaikan, dua lokasi tersebut diperkirakan bisa menampung 1.800 sampai 2 ribuan PKL Malioboro.

"Untuk lebih pastinya nanti, (saat) kami mulai menatanya," papar dia.

Pasalnya, saat ini, pihaknya masih terus melakukan kajian dan koordinasi dengan para PKL agar mereka tidak merugi. Di sisi lain, penataan ini diharapkan makin membuat pengunjung Malioboro lebih nyaman.

"Yang dikakukan pemerintah tidak akan merugikan pelaku usaha," yakin dia. Pihaknya sampai saat ini masih mentata para PKL.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, penataan PKL di Malioboro sekaligus menata sumbu filosofis Yogyakarta. Relokasi juga bertujuan memberikan tempat permanen bagi para PKL.

"Tujuannya untuk memberikan kepastian dalam berusaha," kata dia.

Wakil Ketua Perkumpulan Pedagang Malioboro Handayani, Sukino menyampaikan, para pedagang syok mendengar rencana itu karena disampaikan secara mendadak. "Saya diberitahu hari Kamis (25/11) kemarin," papar dia.

Ia menyebut, rencananya para PKL akan dipindahkan sementara di eks Kantor Dinas Pariwisata pada Januari 2022. Ia menyebut, sepanjang Malioboro terdapat beberapa kelompok pedagang. Khusus anggota kelompok PKL Malioboro Handayani sekitar 60 orang.

Ia menyampaikan, para pedagang merasa keberatan dengan relokasi karena situasi ekonomi masih berat karena pandemi. Tempat relokasi pun dinilai kurang strategis walaupun masih berada di kawasan Malioboro. (OL-13)

Baca Juga: Tolak Penetapan UMP, Buruh Di Sumsel Demo Di Kantor Gubernur

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Jalan Penghubung Desa Rusak Parah, Pemkab Muba Janji Segera Diperbaiki

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:58 WIB
JALAN penghubung antar desa di Musi Banyuasin mengalami kerusakan parah, khususnya di Desa Rukun Rahayu dan Desa Mekar Jaya, Kec. Jirak...
dok.ist

Ganjar Didoakan Kyai dan Santri di Sumsel Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:39 WIB
DUKUNGAN terhadap Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo untuk menjadi presiden di 2024 terus mengalir. Kali ini datang dari Sumatra...
Antara/Raisan Al Farisi

Kopi Sumedang Mendapat Tempat di Turkiye

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 19:35 WIB
Diaspora Indonesia diharapkan  juga turut membantu meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral RI-Turkiye melalui...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya