Kamis 25 November 2021, 10:18 WIB

Satpolairud Polres Tasikmalaya dan Nelayan Bersihkan Pesisir Pantai Selatan

Kristiadi | Nusantara
Satpolairud Polres Tasikmalaya dan Nelayan Bersihkan Pesisir Pantai Selatan

MI/Kristiadi
SatPolairud Polres Tasikmalaya bersama nelayan dan warga membersihkan sampah di TPI Pantai Pamayangsari, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat.

 

SATPOLAIRUD Polres Tasikmalaya melakukan bersih sampah di Tempat Pelelangan Ikan Pantai Pamayangsari, Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Pembersihan sampah dilakukan bersama nelayan dan warga setempat supaya pengunjung lebih nyaman.

Kasat Polairud Polres Tasikmalaya Iptu Sujarmanto mengatakan pihaknya melakukan bersih sampah bersama warga dan nelayan di sepanjang pantai Cipatujah dalam rangka HUT Satpolair 2021 dan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. 

Pembersihan tersebut dilakukannya agar pantai tetap bersih hingga memberikan kenyaman dan keindahan tidak seperti halnya ditemukan sampah plastik.

Baca juga: Mensos Minta Lima Daerah di Kalteng Petakan Daerah Rawan Banjir

"Di masa pandemi covid-19 ini, kita bersama nelayan dan warga berupaya membuat agar sepanjang pantai Cipatujah tersebut lebih nyaman hingga terbebas dari sampah. Karena, memang sebelum dibersihkan banyak sampah yang ditemukannya berserakan dan sekarang semua lapisan masyarakat harus selalu tetap menjaganya," katanya, Kamis (25/11).

Sujarmanto mengatakan, pembersihan pantai ini harus dilakukan secara rutin satu minggu satu kali termasuk menyiapkan bak sampah agar tidak ada lagi pengunjung bebas buang sampah ke laut. Karena, penumpukan sampah plastik dapat menyebabkan berbagai dampak yang serius sekaligus dapat merusak ikan dan ekosistem yang menganggu rantai makanan biota laut.

"Kami meminta agar pengunjung yang datang ke pantai Cipatujah sekarang ini harus selalu menjaga kebersihan lingkungan dan mereka juga tetap menjaga kenyamanan, keindahan agar tidak meningkatkan pencemaran hingga merusak ikan. Namun, dengan adanya aksi ini agar pantai yang masih dicintai masyarakat tetap bersih dan bebas dari sampah plastik," ujarnya.

Menurutnya, sampah plastik yang berserakan di pantai memang sejauh ini disebabkan dari faktor manusia yang tidak sadar dalam membuang dan di satu sisi pemerintah belum menyediakan bak sampah hingga para pengunjung bebas membuang. 

Akan tetapi, untuk sekarang ini akan berupaya melakukan terobosan agar RT, RW, Camat dan Desa harus menyiapkan bak sampah agar mereka tidak membuang sampah sembarangan.

"Kami akan berupaya melakuan langkah agar di beberapa lokasi ditempatkan bak sampah supaya pengunjung bisa membuang ke sana. Namun, sekarang ini memang bak sampah ini bisa dihitung jari tangan tetapi dengan bersih pantai supaya kebersihan tetap terjaga agar memberikan rasa yang lebih nyaman, indah dan bebas dari sampah," paparnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Abdul Halim Ahmad

Pesona Labengki Bangkitkan Pariwisata Sulawesi Tenggara

👤Abdul Halim Ahmad 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:17 WIB
Pemprov Sulawesi Tenggara dan Kabupaten Konawe Utara saat ini sedang mengembangkan Pulau Labengki di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo,...
ANTARA/Umarul Faruq

13 Warga Meninggal Dunia Akibat Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:51 WIB
Selain itu, sebanyak 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas...
Mi/MOAT ANGGA

Viktor Laiskodat Disebut Bela Kepentingan Umum

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 Desember 2021, 10:44 WIB
Serfasius yakin, Viktor tidak akan menolak masukan sejauh masukan itu komprehensif dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya