Kamis 11 November 2021, 10:26 WIB

Ganjar Pranowo Dialog dengan Veteran dan Mahasiswa Rantau Papua

mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Pranowo Dialog dengan Veteran dan Mahasiswa Rantau Papua

dok.ist
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (memegang mic)

 

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghadiri kegiatan Sarasehan dan Doa Bersama dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Dalam kegiatan tersebut Ganjar menyapa para peserta secara virtual dan berbincang langsung dengan veteran yang hadir.

“Besok akan memperingati hari pahlawan. Dulu pahlawan yang memberikan spirit kepada bangsa negara, mengabdi dan akhirnya lahir Republik ini. Ada tokoh agama yang berjuang, ada juga perempuan Aceh yang dibuang kesini. Sekarang banyak anak muda, yang tidak boleh kalah semangat,” kata Ganjar, di Pendopo Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kemarin.

Usai doa bersama dan menyapa para peserta yang hadir secara virtual, Ganjar berbincang langsung dengan salah satu veteran yang hadir bernama Suwoto. Ganjar menanyakan perjuangan Suwoto saat itu.

“Dulu kira-kira berjuangnya dimana? Panjenengan dulu TNI? Jabatan terakhir panjenengan apa?,” tanya Ganjar.

Suwoto mengaku berjuang di Kalimantan dan Timor-Timor. Bahkan, dia bercerita saat menembaki para musuh.

“Saya di Kalimantan, di Timor-Timor. Selama di sana satu tahun, mandi makan saja ditembaki terus. Dulu saya TNI, jabatan terakhir Kepala Sersan,” jawab Suwoto.

“Kita berdoa kepada Allah semoga arwah para pahlawan senantiasa diberi tempat yang penuh kenikmatan di sisi Allah SWT,” lanjutnya.

Ganjar menambahkan, akan memperingati Hari Pahlawan 2021 dengan upacara bersama Bupati Blora dan Forkopimda di pemakaman umum yang terdapat pejuang perempuan dari Aceh (Makam Pocut Meurah Intan). Akan dihadiri juga mahasiswa dari berbagai daerah dan masyarakat.

“Ini sangat jarang terjadi, tapi budaya tradisi ini akan kita teruskan dalam setiap perayaan pahlawan. Agar kita bisa menghayati bagaimana peran-peran dan catatan sejarah, termasuk para tokoh Aceh yang ada di Blora,” tutupnya. (OL-13)

Baca Juga

MI/Heri S

Sempat Anjlok, Produksi Susu Sapi Segar di Sidoarjo Naik Perlahan Pasca-PMK

👤Heri Susetyo 🕔Jumat 20 Mei 2022, 12:26 WIB
Karena wabah PMK, produksi susu segar anjlok sekitar 90%. Namun kini sejumlah sapi kondisinya sudah membaik dan produksi susu segar...
MI/Ignas Kunda

Sanggar Seni SRC SMP 3 Boawae Ruang Ekspresi Anak

👤Ignas Kunda 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:45 WIB
SEJUMLAH siswa di SMP Negeri 3 Boawae, Watugase, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur, mengadakan pagelaran seni dan budaya dalam rangka...
MI/Dwi Apriani

Sinergi Pemkab dan SKK Migas, Tingkatkan SDM Lewat MVC

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 20 Mei 2022, 11:25 WIB
SEBAGAI upaya meningkatkan sumber daya manusia, Pemkab Muba bersama SKK Migas Perwakilan Sumbagsel kembali membuka Muba Vocational Centre...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya