Selasa 09 November 2021, 20:43 WIB

Kasus Pencurian Buku Nikah, Polda Jabar Tunggu Penyelidikan Polres Gunung Kidul

Naviandri | Nusantara
Kasus Pencurian Buku Nikah, Polda Jabar Tunggu Penyelidikan Polres Gunung Kidul

ANTARA
Ilustrasi

 

POLDA Jawa Barat masih menunggu hasil penyelidikan yang dilalukan Polres Gunungkidul, DIY terkait kasus pencurian buku nikah yang diduga dijual untuk kawin kontrak di wilayah Jabar.

"Kami belum ada berita atau laporan terkait masalah penggunaan buku nikah hasil curian di Jawa Barat, kita belum ada laporan itu, berarti itu hasil pengembangan dari penyidikan, kita menunggu saja apakah memang  sudah diperjual belikan atau bagaimana," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Erdi A Chaniago, Selasa (9/11).

Menurut Erdi, dalam buku nikah itu ada nomor register yang menentukan buku nikah tersebut berasal dari daerah mana. Sehingga, jika ada buku nikah yang berasal dari luar yang digunakan di Jabar, akan ketahuan.

"Tapi intinya, kita tidak mendapatkan informasi tersebut karena penanganan ini sudah dilakukan oleh pihak Polres Gunungkidul Yogyakarta" jelasnya.

Sebelumnya, Satreskrim Polres Gunungkidul menangkap dua maling spesialis pencurian dengan pemberatan di Kantor Urusan Agama (KUA). Mereka yakni PH (42) dan AA (41), keduanya ditangkap belum lama ini di dua lokasi  terpisah.

Kasat Reskrim Polres Gunungkidul, AK Riyan Permana Putra menjelaskan para pelaku memang mengkhususkan diri pada pencurian buku nikah. Dokumen tersebut kemudian dijual ke penyedia jasa kawin kontrak atau orang yang  ingin memalsukan status pernikahan. "Dokumen tersebut dijual ke Jabar hingga Sumatra, kemudian hasilnya digunakan untuk pribadi," jelas Riyan. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Menteri PUPR Minta Perbaikan Tol Trans Sumatera Tuntas Akhir April

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 12:40 WIB
Beberapa segmen jalan harus dilakukan rekondisi dan rekonstruksi, termasuk levelling oprit jembatan yang mengalami penurunan karena berada...
ANTARA FOTO/Umarul Faruq

BMKG: Sulut Diguncang Gempa dengan Magnitudo 6,1

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 10:15 WIB
Dalam informasi yang diterima dari BMKG di Jakarta, Sabtu, lokasi gempa berada di 3.67 lintang utara dan 126.82 bujur...
DOK Pribadi.

Wapres PNLG Tunjukkan Pengelolaan Kawasan Pesisir Jelang Pertemuan Oktober

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:58 WIB
Sejumlah keberhasilan itu tampak pada program pembangunan rumah untuk keluarga nelayan di daerah itu, termasuk bantuan perahu hingga jaring...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya