Jumat 22 Oktober 2021, 06:00 WIB

Sungai Musi Kejalo di Rejang Lebong Dikembangkan untuk Wisata

Mediaindonesia.com | Nusantara
Sungai Musi Kejalo di Rejang Lebong Dikembangkan untuk Wisata

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi

 

Desa Cawang Lama, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah mengembangkan potensi wisata dengan memanfaatkan arus Sungai Musi Kejalo yang deras untuk menarik wisatawan.
.
Ketua Dusun 8 Desa Cawang Lama, Kecamatan Selupu Rejang, Yongky saat ditemui di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan lokasi wisata yang tengah mereka kembangkan tersebut dulu merupakan tambang batu tradisional milik warga setempat, namun sejak beberapa tahun sudah tidak beroperasi lagi.

"Kami belajar dari Desa Wisata Rindu Hati di Kabupaten Bengkulu Tengah. Kondisi alamnya hampir sama. Sejak setahun ini kami mulai mengembangkan potensi wisata Sungai Musi Kejalo menjadi arena bermain tubing atau mandi," kata dia.

Dia menjelaskan warga yang datang ke lokasi wisata ini bisa menikmati pemandangan yang masih asri, air sungai jernih, mandi, bermain tubing atau susur sungai dengan menggunakan ban dalam mobil.

Kalangan warga yang datang ke lokasi wisata ini, kata dia, hanya dikenakan biaya parkir sepeda motor Rp2.000, mobil Rp5.000, dan sewa ban Rp10.000.

"Biaya ini kami tarik hanya untuk pengganti uang kebersihan. Kalau hari libur, pengunjung yang datang bisa mencapai ratusan orang, mereka datang dari berbagai kecamatan di Rejang Lebong, termasuk Kota Bengkulu dan Kota Lubuklinggau, Sumsel," terangnya.

Menurut dia, ke depan pengembangan potensi wisata Sungai Musi Kejalo ini akan memanfaatkan bantuan penyertaan modal dana desa dan pengajuan bantuan ke pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong Upik Zumratul Aini mengatakan pihaknya pada 2022 akan membentuk dua desa wisata baru sehingga jumlah desa wisata di Rejang Lebong menjadi 23 desa.

Dua desa yang disiapkan untuk dijadikan desa wisata baru adalah Desa Dusun Sawah, Kecamatan Curup Utara dan Desa Cawang Lama, Kecamatan Selupu Rejang.

Adapun potensi wisata yang dimiliki Desa Dusun Sawah adalah lokasi wisata alam Bukit Basah yang dari atas puncak, pengunjung dapat memandang keindahan kota Curup dan sekitarnya, sedangkan, Desa Cawang Lama mempunyai potensi Sungai Musi yang memiliki air cukup jernih dengan bebatuan besar serta pemandangan asri. (Ant/OL-12)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Konsorsium III Malaria Sumba Sepakat Percepat Eliminasi Malaria

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 27 November 2021, 09:15 WIB
API Sumba Barat Daya tercatat 7,45 per 1.000 penduduk, Sumba Barat 12,5 per 1.000 penduduk, Sumba Timur 2,58 per 1.000 penduduk, dan Sumba...
MI/Apul Iskandar

Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Simalungun 67%

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 27 November 2021, 08:19 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat agar mau secara sukarela mendaftarkan dirinya untuk divaksin di...
DOK PEMKOT PARE-PARE

Kota Cinta, Kota Industri tanpa Cerobong Asap

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 07:52 WIB
Taufan menjelaskan, kota tanpa cerobong asap ini terdiri atas tiga pilar. Pertama bidang kesehatan, kedua bidang pendidikan, dan ketiga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya